Fenomena Bentukan Tim 10 Percepatan Pembangunan Musi Rawas

Fenomena Bentukan Tim 10 Percepatan Pembangunan Musi Rawas

PENYERAHAN SK 10 orang Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan (TBUPP) Kabupaten Musi Rawas yang dilakukan Bupati Hj Ratna Machmud Amin (RMA), Jum’at (03/09/2021) di Pendopoan Rumdin Bupati, ramai diperbincangkan, baik itu dikalangan aktivis, wartawan maupun masyarakat umum di seputar daerah Bumi Silampari (Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara).

Kami pribadi menilai itu wajar sebagai fenomena demokrasi. Karena saat ini informasi telah terbuka tanpa batas, sehingga berbagai kegiatan pemerintahan terpantau secara umum oleh masyarakat.

Masyarakatpun punya hak berpendapat, kritik maupun sebaliknya mendukung. Bupati juga, jelas ada dasar aturan melaksanakan ini, tidak mungkin berani melangkah tanpa acuan hukum. Harapannya tentu dengan 10 orang tim tersebut dapat membantu percepatan pembangunan di Mus Rawas.

Sebagian orang berpandangan dengan adanya Tim 10 ini akan tumpah tindih dengan Staf Ahli Bupati dari ASN yang sudah ada. Selain itu, pendapat lain mengatakan akan mengambil job dan fungsi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

Ada juga beropini, apa tidak sebaiknya mengoptimalkan OPD yang ada, karena dinilai antar OPD selama ini kurang sinergi karena adanya ego sektoral, bisa juga karena lemahnya koordinasi para Assisten yang mengepalai bidangnya masing- masing.

Apakah pelantikan tim 10 ini terkait balas budi? Bisa saja balas budi kepada tim sukses maupun keluarga kepala daerah. Sekali lagi itu merupakan hak Bupati dan yang penting ada dasar hukumnya. Dan Pemkab Musi Rawas juga mestinya mempublikasi dasar hukumnya, supaya tidak ada sak wasangka masyarakat terkait aturannya.

Tentu kita semua berharap dengan adanya tim 10 ini dapat meningkatkan percepatan pembangunan di Musi Rawas seauai dengan maksud dan fungsinya.

Kami ucapkan, Selamat kepada tim 10 semoga dapat bekerja dengan optimal mendorong kemajuan pembangunan di Musi Rawas. Masyarakat memantau anda dan melihat kinerja anda demi mendukung terwujudnya Musi Rawas Maju Mandiri dan Bermartabat (MANTAB)

Tulisan ini merupakan Opini Redaksi

Pemimpin Redaksi : Faisol Fanani, A. Md, CHt

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: