Palembang,- Mantan Gubernur Sumsel Periode 2018-2023, H. Herman Deru mengungkapkan kriteria Calon Wakil Gubernur yang akan mendampinginya di Pilgub 2024 ini.

Untuk kriteria Calon Wakil Gubernur yang yang pastinya harus memiliki satu visi dan satu misi untuk terus memajukan Provinsi Sumsel.

Kedua Wagub itu bukan ban serep yang kerap selama ini di definisikan oleh sebagian orang akan tetapi menurut sudut pandang saya Wagub dapat bekerja keras.

“Wagub itu adalah orang yang ku ajak berbagi tugas sebelum dan ke depan.

Jadi harus siap untuk bekerja keras.

Peran Wagub itu bukan ban serep bagi aku.

Tapi tempat aku berbagi tugas. Dan yang ketiga tentu punya basis massa serta memiliki dukungan partai politik,” ujarnya saat diwawancarai, Senin (25/3/2024).

Ketika ditanya awak media terkait program Bantuan Gubernur (Bangub) yang dinilai memberikan efek pembangunan yang merata di Sumsel, Herman Deru mengungkapkan, terkait bangub ini mungkin perlu bersosialisasi lebih luas lagi terhadap masyarakat, bahwa Gubernur itu adalah bukan sekedar Kepala Daerah.

Tapi juga Wakil Pemerintah Pusat di Daerah jadi menyeimbangkan program-program daerah disatukan agar dia bisa sederajat dan tidak timpang. “Itulah tujuan Bangub,” ucapnya.

“Untuk ke atasnya kan kita ini wakil pemerintah pusat yang tentu harus mendukung program-program pemerintah pusat. Itulah yang perlu disosialisasikan wartawan kemasyarakatan yang sudah saya lakukan,” tambahnya

Selain itu, sambung Herman Deru, di masa kepemimpinannya jarak tempuh atau sering disebut dengan konektivitas antar kabupaten dan kota dengan ibu kota Provinsi Sumsel itu sudah semakin dekat.

“Jarak tempuh antar kabupaten kota dengan ibukota provinsi itu sudah tidak diragukan lagi.

Termasuk Musi Rawas, Linggau, dan Musi Rawas Utara yang dulu jauh bahkan terkesan sangat jauh dari ibukota provinsi.

Tapi sekarang jadi dekat mungkin sama jarak tempuhnya dengan Palembang- Lubuk Linggau Linggau sama dari Palembang menuju OKU Selatan.

Yang tadinya jauh sekali, artinya tidak ada lagi yang terabaikan. Itu salah satunya,” bebernya.

Kemudian, lanjut Herman Deru berdasarkan Survei, di masa kepemimpinanya selama 2018-2023 itu kemiskinan ekstrem yang menurun.

Stunting yang menurun kemiskinan makro menurun. “Itu yang perlu disosialisasikan.

Kemudian yang paling penting adalah indeks pembangunan manusia (IPM) kita ini naik menjadi setara dengan Jawa.

Sekarang ini kategori tinggi.

Artinya Sumsel bisa berkompetisi dengan 3 Jawa.

Maka perlu corong dari wartawan untuk menyampaikan kemajuan ini.

Jangan kita terus merasa terbelakang bangga dengan kekurangan kita,” ucapnya.

Herman Deru mengungkapkan masyarakat kan bisa menilai selama 5 tahun kepemimpinannya kalau Sumsel sudah semakin maju.

yang paling penting 5 tahun belakangan ini, Sumsel sangat kondusif bahkan tidak ada konflik atau zero konflik.

Tidak ada kisruh antar agama, antar suku, apalagi pemerintahan dengan masyarakat

“Harapan kami, saya khususnya mohon pada masyarakat untuk berikan kesempatan bagi saya untuk menuntaskan program program yang sudah pernah dijalankan untuk dapat menuntaskan programnya di periode kedua ini, bahwa yang periode pertama belum tuntas, karena memang butuh waktu untuk melanjutkan di periode kedua,”tandasnya. (And)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *