Gapoktan Satan Indah Jaya Dukung Pengeringan Irigasi

Gapoktan Satan Indah Jaya Dukung Pengeringan Irigasi

MUSI RAWAS – | Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Satan Indah Jaya, Kecamatan Muara Beliti mendukung pengeringan Daerah Irigasi (DI) Kelingi Tugumulyo Tahun 2021.

Ketua Gapoktan Desa Satan Indah Jaya, Marullah mengatakan dukungan terhadap pengeringan irigasi dimaksud karena ada pembangunan jaringan irigasi primer, sekunder maupun tersier di Kabupaten Musi Rawas.

“Kami Gapoktan Satan Indah Jaya mendukung pengeringan karena adanya rehab saluran irigasi. Mengingat sekarang banyak jaringan irigasi yang mengalami kebocoran dan kerusakan, sudah sewajarnya pemerintah merehabnya demi untuk pengairan petani,” jelasnya, saat dihubungi, Rabu (02/06).

Menghadapi pengeringan irigasi pada beberapa bulan kedepan, lanjut Marullah pihaknya mengusulkan bantuan bibit jagung sebagai kompensasi untuk petani pada masa pengeringan irigasi.

“Kompensasi yang kita harapkan adalah bibit jagung serta sarana produksi (saprodi) pendukungnya. Karena menghadapi pengeringan ini, pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas sudah mengundang petani, untuk sosialisasi dan rencana kompensasi tersebut,” katanya.

Ia menambahkan, nantinya kelompok tani dan PPL bermusyawarah dalam menghadapi pengeringan. Musyawarah ini mengusulkan bantuan berbagai macam jenis komoditi Tanaman Lahan Kering, tergantung wilayah masing-masing Kelompak Tani.

“Harapn kami, bantuan dari jenis komoditi yang dipilih, saat panen harganya jangan anjlok karena dapat merugikan petani,” turupnya.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Po Kbr Bos?