Jaringan Listrik Desa Terkendala Jarak dan Pemeliharaan Jaringan

Jaringan Listrik Desa Terkendala Jarak dan Pemeliharaan Jaringan

MUSI RAWAS – | Kepala Dinas PUCKTRP Kabupaten Musi Rawas (Mura) melalui Sekretaris, Adi Irawan mengatakan pihaknya terus berupaya agar jaringan listrik dapat mengaliri seluruh desa yang ada di Mura.

Namun untuk memenuhi target ini terkendala jauhnya jarak atau rentang jaringan yang akan dipasang. Sehingga memerlukan dana yang besar untuk pemasangan dan pemeliharaan.

“Kendala lain juga ketersediaan strome listrik serta amphere gardu. Maka ada beberapa contoh tempat dengan mengurangi jarak rentang dari jaringan listrik. Seperti daerah tertinggal di Lakitan dengan mengambil api dari Bina Saint yang terdekat.

Demikian juga untuk perbatasan Mura dan Muba, kita berharap ada kerjasama sehingga daerah-daerah diperbatasan dapat memperoleh pasokan listrik. Jadi sifatnya kita bayar dalam penggunaan listrik tersebut,” ujarnya, saat dibincangi di kantornya, Rabu (04/03)

Sedangkan untuk lampu jalan memang sepertinya lebih menguntungkan dengan lampu solar cell (tenaga surya), tambahnya. Itupun akan dipasang di daerah pemukiman warga karena kemanfaatan dan keamanannya.

“Memang lampu tenaga surya ini relatif mahal namun lebih hemat dalam jangka panjang dan secara otomatis mengatur sendiri penyalaan lampu. Siang solar cell menyerap cahaya matahari dan setelah malam otomatis energi cahaya tersimpan menjadi energi listrik yang disalurkan ke bola lampu,” jelasnya. | *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Po Kbr Bos?