Pencanangan GMSS Cegah Stunting dan Ciptakan Rumah Sehat

MUSI RAWAS – | Program Gerakan Musi Rawas Sempurna Sehat (GMSS) terus dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas (Mura) melalui Sekretarisnya, Muhammad Nizar mengatakan tujuan GMSS untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan di Kabupaten Musi Rawas.

“Ada 2 akses pelayanan yakni dengan pelayanan kesehatan di unit pelayanan kesehatan, baik puskesmas, puskesmas pembantu maupun poliklinik desa (Polindes). Serta akses pelayanan kesehatan dengan kunjungan ke masyarakat atau rumah tangga langsung,” ungkap Nizar saat dikunjungi di kantornya, Selasa (03/03).

Upaya kunjungan ke masyarakat, menurut Nizar berbasis masalah. Ada yang tingkat nasional seperti Stunting maupun tingkat lokal dengan keadaan masalah penyakit yang terjangkit di masyarakat. Seperti pelayanan posyandu, bila ada yang tidak datang, maka kita jemput bola dengan mendatangi masyarakat dan mengapa tidak ke posyandu. Jadi kita bisa lakukan kunjungan langsung.

“Untuk pelayanan Ibu hamil (bumil), dengan penyuluhan, pembagian makanan dan gizi bumil dengan tujuan agar nantinya tak terkendala saat melahirkan.

Targetnya agar ibu maupun bayi yang dilahirkan normal dan dalam keadaan sehat dari 1000 hari sejak hamil. Paling tidak panjang bayi 48 cm keatas dan diatas 3000 gram.

Dengan pencapaian ini maka secara otomatis angka kematian ibu anak akan menurun,” tuturnya.

Sedangkan pencanangan rumah sehat bebas rokok, ia mengatakan dengan penyuluhan agar masyarakat sadar tidak merokok dalam rumah tapi minimal di luar rumah dibawah pohon (tempat khusus).

“Pencanangan rumah sehat tanpa rokok ini agar ibu dan bayi tidak terkontaminasi asap rokok. Sedangkan rumah wajib jamban agar terpelihara kebersihan dan penyakit cacingan,” tutupnya. | ADV-faisol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *