Bupati Mura Resmikan Bendungan Desa Sukaraya Baru

Bupati Mura Resmikan Bendungan Desa Sukaraya Baru

MUSIRAWAS – | Bupati Musi Rawas, H. Hendra Gunawan secara langsung meresmikan bendungan yang berada di Desa Sukaraya Baru, Kecamatan STL Ulu Terawas, Jum’at, (30/01/20), sekitar pukul 10.00 wib.

Camat STL Ulu Terawas, Saparudin dalam sambutannya mengatakan jika bendungan ini sudah di bangun sejak tahun 1995 dan selama ini belum pernah diperbaiki secara resmi, hanya mengandalkan tenaga dan gotongroyong masyarakat desa sukaraya baru.

“Bendungan ini sudah di bangun sejak tahun 1995 dan sering jebol hampir setiap tahun, selama ini masyarakat bergotongroyong untuk memperbaikinya”.

Lanjut nya ” Kami sempat putus asa karena setiap pengajuan yang kami ajukan kepada dinas terkait belum dapat direalisasikan. Namun di tahun ini, di bawah kepemimpinan Bupati Mura H. Hendra Gunawan alhamdulillah apa yang diharapkan masyarakat desa selama bertahun – tahun bisa terlaksana,” ungkapnya.

Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan, dalam arahannya mengatakan, peresmian bendungan ini merupakan buah dari kesabaran dan rasa syukur masyarakat desa sukaraya baru, maka alhamdulilah di tahun ini semua itu dapat terwujud.

“Bendungan yang dibangun sejak tahun 1995 selama ini belum pernah tersentuh kembali oleh pemerintah, namun alhamdulilah berkat kesabaran dan rasa sukur masyarakat desa suka raya baru pada saat ini kita bisa meresmikan pembangunan bendungan yang menjadi impian serta kehendak masyarakat” Ujar bupati.

Orang nomor satu di bumi Lan Serasan Sekentenan ini juga meminta kepada masyarakat, untuk selalu mendukung apa yang menjadi program pemerintah, karena hal tersebut semata – mata hanya untuk kemajuan masyarakat.

“Pada dasarnya, pemerintah selalu memikirkan apa yang menjadi kehendak masyarakat, namun semua itu akan terwujud jika kita bersatu dan masyarakat mendukung penuh program pemerintah. Karena tanpa adanya hal ini maka pembangunan tidak akan terlaksana,” Ungkap bupati.

Ditambahkan Bupati, pada kesempatan ini pemerintah Kabupaten Musi Rawas juga secara khusus dan spesial menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi dalam pembangunan bendungan ini. Terkhusus kepada seorang warga yang bernama Sirin (70). Bupati memanggil yang bersangkutan dan menyampaikan cindera mata secara langsung kepada yang bersangkutan.

”Areal bendungan ini dibangun atas lahan yang dihibahkan oleh Bapak Sirin, kepada beliau pemerintah Kabupaten Musi Rawas menyampaikan terima kasih, semoga ini bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi amal jariyah bagi Bapak Sirin dan keluarga,” Ucap bupati.

Selain itu, bupati juga meminta agar bendungan ini bisa dijaga dan dirawat dengan baik, karena bendungan ini milik masyarakat bukan milik bupati ataupun pemerintah.

“Mari kita jaga dan rawat bersama – sama bendungan ini, karena masyarakat Desa Sukaraya Baru inilah yang menikmati dan merasakan manfaatnya. Dan dalam proses pembangunan telah banyak yang masyarakat berikan,” Kata Bupati.

Dikesempatan yang sama Kadis PUCKTRP Mura, Ristanto Wahyudi menjelaskan pembangunan Bendung Sukaraya Baru menggunakan anggaran APBD senilai lebih dari 4 Milyar. Bendung yang dibangun sejak tahun 1995 sudah beberapa kali mengalami perehapan namun tidak bertahan lama dan sering jebol.

“Bendung yang sangat bermanfaat bagi masyarakat ini, semenjak kepemimpinan Bupati Hendra Gunawan, di tahun 2019 pembangunannya baru terealisasi,” Ujar Ristanto.

Bendung Sukaraya Baru ini dapat mengairi 246 hektar sawah yang ada di Desa 1 Sukaraya Baru dan desa lain di sekitarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Sukaraya Baru, Sohidin mewakili masyarakat desa menyampaikan atas nama pribadi maupun masyarakat dan pemerintah desa.

“kami ucapkan ribuan terimakasi yang tak terhingga wabil husus pemerintah Kabupaten Musi Rawas. H. Hendra Gunawan Bupati Musi Rawas dan instansi terkain, Camat STL Ulu Terawas, yang tiada hentinya membantu dan memperhatikan masyarakat kami Desa Sukaraya Baru semoga apa yg suda di beri dan yang masih dalam proses akan bermanfaat untuk masyarakat kami” aku pacak berkat masyarakat. Ungkap nya penuh rasa sukur.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Ketua II DPRD Mura, Dandim 0406, Mayor Ayup sebagai penghubung, Kapolres Musi Rawas yang diwakili Kabag Ops Suparlan, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian, kepala Dinas PUCK,TR dan Pengairan, yang bertanggung jawab atas bendungan ini, Camat beserta jajaran, Kades, Kapolsek, Danramil, tokoh masyarakat, sesepuh, dan tokoh masyarakat. (ADV – Faisol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *