Antisipasi Jembrana, Distanak Mura Suntik Vaksin Sapi Peternak

Antisipasi Jembrana, Distanak Mura Suntik Vaksin Sapi Peternak

MUSI RAWAS – | Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Musi Rawas, Tohirin mengatakan pihaknya telah melakukan antisipasi wabah penyakit hewan ternak menular, seperti virus jembrana. Selama satu bulan terakhir, tim kesehatan hewan (keswan) melakukan pengecekan kesehatan sekaligus pemberian suntik vaksin seluruh hewan ternak sapi milik peternak.

“Peralihan musim kemarau ke musim hujan rawan penyebaran penyakit hewan ternak, terutama ancaman virus jembrana pada ternak sapi.

Kendati dari awal tahun hingga kini belum ditemukan wabah virus jembrana, namun kita tetap antisipasi pencegahan dengan melakukan vaksin dimasing-masing lecamatan,” jelasnya, Sabtu lalu.

Tohirin menyebutkan vaksinasi telah dilakukan di Kelurah Megang Sakti II Kecamatan Megang Sakti. Desa SP4 Karya Mukti Kecamatan Muara Kelingi, selanjutnya di Desa Bangunrejo Kecamatan Sukakarya dan Desa Marga Tani Kecamatan Jayaloka.

Dengan vaksinasi, semua kesehatan hewan ternak sapi terjamin, peternak perlu terlalu khwatir.

“Yang jelas, sudah sejak dulu kalaulah penyebaran virus jembran juga ditimbulkan kehadiran sapi berasal dari luar yang terjangkit. Nah, disini kita juga terus lakukan pengawasan ketat agar aktivitas masuknya bibit sapi dari luar,” tukasnya. | NRD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *