Antisipasi Gangguan Listrik, PLN Rutin Tebas Bayang  

Antisipasi Gangguan Listrik, PLN Rutin Tebas Bayang  

MUSI RAWAS – | Guna mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik, terutama disebabkan angin kencang dampak peralihan musim. Sudah sejak awal Oktober 2019,  PLN Rayon Muara Beliti kembali turunkan tim teknik  rutinkan giat tebas bayang sekaligus pemeliharaan jaringan listrik. Hal tersebut disampaikan, Manager PLN Rayon Beliti Zera Fitrizon ketika dibincangi sejumlah wartawan, kemarin (7/10) siang.

Dijelaskannya, dari berbagai kendala dilapangan ditemukan terkait adanya gangguan padamnya listrik terjadi belakangan ini. Secara langsung pihaknya, telah turun lakukan pengecekan. Dimana, ditemukan pemicu terjadinya pemadaman tidak lain disebabkan adanya ranting, maupun pepohonan tumbang menimpa jalur kabel jaringan listrik. Faktor utamanya dampak peralihan musim kemarau ke musim hujan.

“Sudah beberapa minggu terakhir, kita PLN telah stanbykan tiga tim teknik bekerja lakukan giat tebas bayang di wilayah-wilayah kecamatan terdapat lokasi jalur kabel litrik ditutupi ranting dan pepohonan.

Dari ketiga, satu menyebar di wilayah kecamatan Muara Beliti dan sekitarnya. Satu tim berada di wilayah Kecamatan TPK, BTS Ulu dan satu tim keliling wilayah kecamatan lainya,” terangnya.

Lebih jauh, Zera sapaan akrab menyebutkan langkah antisipasi terus dilakukan pihaknya. Akan tetapi, menjadi kendala dilapangan keterbatasan SDM dibandingkan luas wilayah hampir sebagian besarnya banyak terdapat titik lokasi jalur kabel listrik, terhalang ranting pepohonan baik dikebun milik warga maupun perkebunan perusahaan.

“Hampir sama setiap tahunnya, kita PLN terkendala keterbatasan SDM untuk menanggulangi gangguan pemadaman akibat pohon tumbang. Dengan itu, tentunya kami menginginkan pemerintah desa, warga pemilik kebun untuk bisa bekerjasama membatu petugas dilapangan,” himbaunya.

“Kami minta dukungan warga, beri kesempatan petugas kami izin pembersihan pohon yang telah menutupi jaringan Listrik. Kemudian, juga warga bisa menginformasikan ke kami kalau ada kejadian pohon roboh menimpa jaringan listrik untuk percepatan penormalan dan pengerjaan.

Karena kalau cepat, lebih baik karena kita dilapangan mesti harus menelusuri jaringan yang relatif panjang, sebagaiaman mempercepat upaya penormalan,” tandasnya.

Sementara mengenai giat pemeliharaan jaringan listrik, sambung Zera memastikan upaya pemeliharaan jarigan listrik telah rutin juga dilakukan.

“Ada juga selain tim teknik menggulirkan tebas bayang, baru-baru ini, tim kita juga telah lakukan penggantian kabel DD dengan kabel bungkus mulai dari sepanjang wilayah Kecamatan Muara Beliti, sampai dengan Kecamatan Jayaloka,” tukasnya. | NRD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *