Karnaval Budaya Ingatkan Kembali Peradaban Bangsa dan Perkembangannya

Karnaval Budaya Ingatkan Kembali Peradaban Bangsa dan Perkembangannya

MUSI RAWAS – | Bupati Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan mengatakan kegiatan karnaval budaya yang diselenggarakan Pemerintah Kecamatan Sukakarya mengingatkan bahwa kebudayaan dan peradaban merupakan proses internalisasi nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat yang akan melekat dalam sejarah perjuangan bangsa yang mengalami perkembangan dan perubahan.

“Ini menunjukan betapa semangat untuk memperingati HUT RI, kita patut berbangga karena inilah bentuk penghargaan kepada nenek moyang kita, yang telah berjuang mengorbankan harta dan nyawa. Karena itu diperlukan pemahaman sejarah dan budaya yang mampu menciptakan dan mengawal keterbukaan kearah masyarakat yang lebih cerdas, rasional, etis dan berbudaya,” terang Hendra saat melepas peserta karnaval budaya yang digelar oleh Kecamatan Sukakarya, Kamis (15/8) di lapangan sepak bola Desa Sugiwaras.

Menurut Hemdra, menggelar peringatan ke 74 Proklamasi Kemerdekaan RI dalam membentuk pawai budaya merupakan kegiatan yang menyaksikan keanekaragaman budaya dan karya anak bangsa yang tervisualisasi dalam karnaval, tentu ini hal positif bagi generasi penerus bangsa.

Lebih lanjut Hendra berharap pelaksanaan kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar.

Camat Sukakarya M. Setiawan mengatakan, kegiatan ini rutin selalu dilakukan Pemerintah Kacamatan Sukakarya, guna memeriahkan HUT RI. Untuk peserta karnaval budaya terdiri dari 85 mobil hias dan 350 sepeda motor, serta menampilkan kesenian kuda kepang, tari Bali, dan 3 perguruan pencak silat.

“Start di Lapangan Desa Sugih Waras, dan Finish di lapangan Desa Ciptodadi, Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Sekolah Dasar SD, SMP dan SMA sederajat, serta diikuti Ponpes yang ada di Kecamatan Sukakarya,” ujarnya. | TIM – Kominfotik Mura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Po Kbr Bos?