10 Hektar Semak Belukar Kecamatan Purwodadi Terbakar

10 Hektar Semak Belukar Kecamatan Purwodadi Terbakar

MUSIRAWAS – | Kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla), terjadi di Kabupaten Musi Rawas (Mura). Sedikitnya, 10 Hektar lahan semak belukar berlokasi di Kelurahan Mangun Harjo, Kecamatan Purwodadi hangus terbakar. Sabtu (10/8) sore sekitar pukul 17.30 wib.

Untungnya, kejadian kebakaran yang tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Tim gabungan BPBD, Personil Koramil berserta Dinas Perkebunan (Disbun) melalui upaya pemadaman manual gunakan gepyok dan penyeprotan lahan terbakar berhasil dipadamkan.

Kepala Pelaksana BPBD Mura, Paisol melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik, Danramil Tugumulyo Kapt. CZI Al Koprawi membenarkan adanya kejadian kebakaran lahan semak belukar masuk dalam kategori lahan gambut. Kebakaran diketahui, terpantau Satelit Lapan.

“Kemudian, mendengar adanya informasi kita tengah berada di posko bersama-sama turun ke lokasi kejadian. Dan dengan menggunakan alat manual mengunakan gepyok dan penyemprotan lahan diperkirakan 10 hektar dari kedalaman lahan 0,5 lahan gambut akhirnya berhasil kita tangulangi,” terangnya.

Akan tetapi, dalam penanggulangan terjadinya Karhutla. Bersama-sama tergabung tim penanggulangan bencana karhutla, kita siap siagakan personil dan sejumlah peralatan pemadam kebakaran unit Mobil Tangki Air, unit mobil damkar, Mobil Rescue, dan mobil Portable.

“Yang jelas, menghadapi kondisi musim kemarau kita terus menghimbau seluruh warga untuk tidak membakar hutan maupun lahan. Karena dengan, membakar berdampak sangat menggangu. Terutama dengan membakar menimbulkan asap menggangu kesehatan,” himbaunya. | NRD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *