Gubernur Optimis Sumsel Kembali Jadi Lumbung Pangan Nasional

Gubernur Optimis Sumsel Kembali Jadi Lumbung Pangan Nasional

GUBERNUR Sumatera Selatan Herman Deru optimistis dalam waktu yang tidak lama lagi Sumsel akan dapat mengembalikan kejayaannya sebagai lumbung pangan Nasional.

Keyakinan itu diungkapkan gubernur, saat Panen Raya Padi IP 200, Selasa (30/7/2019), yang digelar Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Harapan Makmur, sekaligus meninjau penangkaran benih Harapan Makmur, di Desa Cahya Maju, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), didampingi Wakil Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Djakfar Shodiq.

Gubernur mengatakan, Pemprov Sumsel akan terus memperhatikan sektor pertanian, dan akan membantu para petani cara menggarap lahan, juga memberikan motivasi agar mereka lebih serius dalam menggarap lahannya, guna meningkatkan produktivitas pertanian.

“Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) jadi andalan kita dalam pertanian. Saya ingin petani di Sumsel serius dalam menggarap lahan, saya ingin serius untuk meningkatkan produktivitas pertanian agar angka kemiskinan mampu kita turunkan,” kata Gubernur Herman Deru.

Dia mengatakan, panen raya ini, salah satu bukti petani Sumsel serius  memajukan sektor pertanian. Upaya ini dinilainya akan mempercepat Sumsel menjadi Lumbung Pangan Nasional, seperti yang dulu pernah ada.

“Hari ini kita panen IP 200 berikut peresmian penangkaran benih, dengan adanya penangkaran benih ini petani tidak lagi dibelenggu harus memakai merk tertentu. Sekarang petani bisa menangkar sendiri dengan bimbingan petugas,” imbuh Herman.

Menurut dia, bicara soal pertanian juga terkait dengan infrastruktur jalan dan irigasi pengairan, karena itu petani diminta aktif terlibat dalam pembangunannya. Dicontohkan seperti yang ada di Kawasan Lempuing. “Saluran-salurannya adalah karya Kementerian PU melalui Balai Besar Wilayah Sungai Sumatra VII, yang didukung penuh oleh masyarakat dalam pembebasan lahan, sehingga air Irigasi Komering bisa mengalir sampai ke Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI,” ujarnya.

Herman Deru juga mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemkab OKI yang telah serius dalam memajukan sektor pertanian. Dia juga meminta agar petani tidak malu dengan profesi sebagai petani. Bahkan seharusnya bangga dengan profesi ini. “Apa yang dilakukan petani OKI ini merupakan bentuk dukungan percepatan kembalinya Sumsel sebagai  Lumbung Pangan Nasional,” tambah dia.

Dia menegaskan bahwa, Pemerintah Provinsi Sumsel siap membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bidang pertanian, dan mengajak masyarakat untuk bekerja sama dalam mengurangi kemiskinan melalui sektor pertanian.

“Pemerintah akan terus mendukung optimalisasi pertanian. Kementan dan pemerintah daerah telah menyediakan berbagai bantuan baik berupa fasilitas infrastruktur, sarana dan alat mesin pertanian,” katanya.

Program yang dikembangkan ini lanjut dia, adalah wujud pertanian modern, dan berbeda dengan tradisional. “Jadi yang ini full mekanisasi. Ada pompanisasi serta tak kalah penting adalah manajemen usaha dari koperasi menjadi korporasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumsel Herman Deru juga menyerahkan bantuan Traktor kepada Gapoktan berupa Combine Harvester Besar 1 Unit, Traktor Roda 4 Unit dan Rice Transplanter 8 Unit.

MC Diskominfo Prov. Sumsel/TM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Po Kbr Bos?