Musi Rawas ‘Berkah’ Dihentikan Sementara

Musi Rawas ‘Berkah’ Dihentikan Sementara

MUSI RAWAS – | Program Musi Rawas ‘Berkah’ (Bersatu Kita Hebat) dan akrab Desa yang sudah di anggarkan dalam APBDes tahun 2019 terpaksa dihentikan. Para Kepala Desa (Kades) khawatir dipanggilnya beberapa pejabat DPMD Kabupaten Musi Rawas oleh Kejaksaan Negeri akan berimbas juga ke Kades.

Mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Mefta Joni ditemui dikantornya, Selasa (09/07) mengatakan, kegiatan tersebut murni kegiatan para Kepala Desa, DPMD hanya menjebatani. DPMD tidak terlibat dalam pengumpulan keuangan dan pengolaannya pun dilakukan panitia.

“Untuk sementara program yang bersinerrgi dengan program Kabupaten Musi Rawas ‘Berkah’ dan Akrab Desa dihentikan. Para Kepala Desa takut bersalah pada hal kita harus yakin asal tidak selewengkan anggaran sesuai dengan peruntukkannya.

Kemarin memang benar kita di panggil pihak Kejaksaan, mereka minta keterangan apa yang kita ketahui tentang kegiatan tersebut.

Kami telah terangkan yang sebenarnya apa adanya kegitan tersebut bukan dari DPMD karena para Kades sendiri yang menganggarkan agar ada kegiatan itu, kita cuma memfasilitasi atas usulan mereka,” ujarnya.

Dan sekarang sejak diberitakan pihak DPMD yang punya kegiatan itu tidak benar. Lanjutnya, kegiatan yang tadi bertujuan untuk meningkatkan SDM dan menambah ilmu dan wawasan harus dihentikan sementara.

Dana Desa (DD) yang digelontorkan Pemerintah Pusat sangat besar maka perlu peningkatan kemampuan Kades dan perangkatnya terutama manajemen dan pengelolaannya. | *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *