Gubernur Sumsel Terima Anugerah Nirwasita Tantra dan Anugerah Adipura Tahun 2018

GUBERNUR Sumatera Selatan Herman Deru menerima penghargaan NIRWASITA TANTRA (GREEN LEADERSHIP) TAHUN 2018 (Anugerah Kepada Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD dengan Orientasi Green Leadership Tahun 2018.

Penghargaan ini  diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia kepada Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya dan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan Bapak Gantada di Gedung Manggala Wanabhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.  Senin (14/01/2019).

NIRWASITA TANTRA (GREEN LEADERSHIP) adalah Penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya bersama DPRD dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Sumatera Selatan telah berkomitmen dalam perumusan kebijakan pembangunan berkelanjutan, dengan berbagai inovasi membangun jejaring dengan semua stakeholder, pengembangan energi baru terbarukan dan secara spesifik penguatan institusi pelaksana urusan Lingkungan Hidup terkhusus melalui pengembangan laboratorium lingkungan Hidup.

Setiap tahun penilaian dilaksanakan oleh Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, diawali dalam Penyajian data dan informasi pencapain Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) yang setiap tahun meningkat.

Setelah melalui penapisan dokumen dan penilaian oleh Tim Independen, maka Gubernur Sumatera Selatan terpilih untuk mendapatkankan Penghargaan NIRWASITA TANTRA (Green Leadership) Tahun 2018 bersama Gubernur Jawa Timur dan Gubernur Sumatera Barat, 3 dari 34 provinsi di Indonesia, dan penghargaan yang sama juga diterima oleh Pimpinan DPRD Provinsi Sumatera Selatan.

Pembangunan berkelanjutan semakin dikuatkan dengan Visi Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya, yakni SUMATERA SELATAN MAJU UNTUK SEMUA , dimana salah penjelasan visi dimaksudkan sebagai keadaan dimana terwujudnya pembangunan daerah yang berwawasan lingkungan atau pembangunan berkelanjutan dan pembangunan maritim yang merata dan berkeadilan dimana hasil-hasil pembangunannya dinikmati oleh seluruh anggota masyarakat.

Dalam Pembangunan Provinsi Sumatera Selatan memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah maka dalam pengelolaan kekayaan sumber daya alam tersebut dalam misi Gubernur dikelola secara arif dan bertanggungjawab terhadap lingkungan dan generasi mendatang.

Provinsi Sumatera Selatan juga memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA), terutama yang berkaitan dengan kekayaan tambang, sumber daya energi berupa gas alam, gas metan, minyak bumi, batu bara dan energi terbarukan secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan;

Dalam waktu dan tempat yang sama juga diberikan Penganugerahan Adipura 2017-2018, Bupati dan Walikota dari Provinsi Sumatera Selatan yang menerima penghargaan tersebut adalah sebagai berikut :

a. Walikota Palembang (Kategori Kota Metropolitan)

b. Bupati Lahat (Kategori Kota Sedang)

c. Bupati Ogan Komering Ulu (Kategori Kota Kecil)

d. Bupati Ogan Komering Ilir (Kategori Kota Kecil)

e. Bupati Musi Banyuasin (Kategori Kota Kecil)

f. Bupati Muara Enim (Kategori Kota Kecil)

g. Bupati Ogan Komering Ulu Timur (Kategori Kota Kecil)

h. Walikota Prabumulih (Kategori Kota Kecil)

Adipura adalah Penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

MC Diskominfo Prov.Sumsel/CleY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb