Pemkab Musi Rawas Targetkan Program Bedah 5000 Rumah

Musi Rawas, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman setempat, menargetkan 5ribu unit rumah terealisasi dalam 5tahun untuk program bedah rumah bantuan dari Kementerian PU Perumahan Rakyat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Mura melalui Kabid Perumahan Rakyat, Abu Hanifah saat dijumpai di perkantoran Muara Beliti, Senin (26/11).

Menurutnya, 5000 unit rumah dalam program bedah rumah tersebut, telah terealisasi sebanyak 1500 unit rumah yakni di Kecamatan Tugumulyo, Purwodadi, Megang Sakti, Jayalako, Sumber Harta, Muara Lakitan, Selangit dan Terawas.

Selain itu, belum termsuk tambahan dari APBN tahun 2018, ada 250 unit rumah yang difokuskan di Kecamatan Selangit dan Terawas.

Sedangkan untuk tekhnis bantuan itu sendiri, pihak desa mengusulkan langsung ke Kementerian PU Perumahan Rakyat, kemudian tim konsultan dari pusat memverifikasi usulan dari desa. Sementara Pemkab hanya memfasilitasi usulan itu melalui email yang dikirimkan langsung ke portal Kementerian PU Perumahan Rakyat.

Selanjutnya setelah releasisai anggaran turun dan diverifikasi konsultan fasilitator, kemudian baru menetapkan calon penerima bantuan swadaya.

Diharapkan, “disamping peran Pemerintah Pusat yang sudah cukup bagus, juga anggaran dari pemprov dan pemkab bisa menopang dan memberikan efek baik untuk pencanangan realisasi bedah rumah di Musi Rawas,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb