Peringatan Maulid Nabi SAW., Pemkab Musi Rawas Hadirkan Ustadz Abdul Somad

Musi Rawas – Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemkab Musi Rawas menghadirkan penceramah Ustadz KH Abdul Somad, Lc. MA, yang sering akrab disapa UAS, Kamis (22/11) di Masjid Agung Darussalam Muara Beliti.

Ribuan jemaah dan masyarakat memadati Masjid Agung Darussalam ingin memdengarkan tausiyah Kiyai Kondang tersebut.

Dalam tausyiahnya UAS menyapa seluruh jamaah yang hadir dan mengingatkan agar masyarakat harus taat pada zakat dan mengerjakan semua perintah Allah SWT.

“Zakat merupakan pungutan yang diatur dalam syariat Islam, setiap muslim yang memiliki harta dengan minimal sama dengan besaran nishab serta memenuhi haul, wajib hukumnya untuk membayar zakat maal (harta),” katanya.

Menurutnya, zakat termasuk salah satu dari rukun Islam, selain syahadat, sholat, puasa dan haji. Istilah rukun sendiri jika diterjemahkan bermakna.

“Dari makna tersebut, sebenarnya tidaklah tepat jika seorang pembayar zakat disebut sebagai dermawan. Zakat merupakan kewajiban, dan apabila tidak ditunaikan dapat disebut kikir,” imbaunya.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Ustadz Abdul Somad di Bumi Lan Serasan Sekentenan.

Disampaikan bupati, dihari yang bersejarah bagi umat muslim ini, marilah kita mengkaji sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW yang penuh dengan perjuangan.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang setiap tahun kita selenggarakan, merupakan wujud penghormatan yang dalam dari segenap umat islam. Nabi Muhammad SAW bukan saja seorang Nabi dan Rasul Allah, tetapi juga pemimpin seluruh umat manusia.

Ajaran islam yang beliau sampaikan telah mengubah wajah dunia dan peradaban kearah yang lebih baik, lebih manusiawi dan lebih beradab dibandingkan dari waktu-kewaktu sebelumnya.

Bagi kaum muslimin, Nabi Muhammad SAW diyakini sebagai contoh teladan dan yang terbaik bagi umat manusia. Disamping itu pada dirinya terpancar kecerdasan yang luar biasa, kepribadian yang agung, akhlak yang mulia, dan kepemimpinan yang tegas namun bijaksana.

Dalam kehidupan kita, keimanan, akhlak, keteladanan yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW sangatlah penting untuk kita perhatikan. Beliau adalah seorang Rasul Allah Nabi Muhammad SAW yang tidak pernah melalaikan kewajibannya menjalankan ibadah dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mengakhiri, “marilah kita dapat memaknai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan menjadikan pelajaran berharga dan inspirasi bagi kita semua selaku umat muslim, dengan mencontoh perilaku baik yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb