GMSS, Inovasi Pembangunan Menyentuh ke Masyarakat

Musi Rawas, – Gerakan Musi Rawas Sempurna Sehat (GMSS), telah melahirkan satu modal pembangunan yang paling besar inovatif yang langsung menyentuh ke masyarakat, demikian disampaikan Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan pada kegiatan GMSS di Desa SP5 Karya Teladan, Kecamatan Muara Kelingi, Selasa (13/11).

Menurutnya, GMSS telah menjadi program rutinitas Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, dalam rangka membangun kebiasaan hidup sehat di masyarakat. Untuk itu, dukungan dari masyarakat menjadi yang terpenting dalam mewujudkannya.

Hasil dari program ini telah banyak dirasakan bersama, seperti meluasnya cakupan jamban sehat. Selain itu, angka kematian ibu dan bayipun menurun, begitupun dengan penurunan angka kematian bayi.

Masih menurut bupati, pencanangan kawasan rumah tanpa asap rokok merupakan pendekatan pemberdayaan masyarakat, melalui upaya pendidikan kesehatan untuk melindungi keluarga dengan memberikan contoh tidak merokok sambil menggendong anak.

Lanjutnya, atas nama Pemerintah Kabupaten Musi Rawas memberikan apresiasi yang luar biasa kepada puskesmas yang telah mendorong terwujudnya desa ODF (Open Defication Free) bagi Desa Karya Teladan, karena hanya tersisa 54 KK yang belum memiliki jamban sehat.

Bupati berharap, semoga apa yang telah dicapai Desa SP5 Karya Teladan, dapat menyemangati desa lainnya di Kecamatan Muara Kelingi dalam mewujudkan desa ODF.

Untuk itu, “bupati mengajak bersama-sama untuk bekerja keras dengan semangat AK5, Ayo Kerja, Kerja, Kerja, Kerja dan Kerja, sehingga Gerakan Musi Rawas Sempurna Sehat ini dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat menuju Mura Sempurna 2021,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan GMSS tersebut, bupati beserta instansi terkait bersama masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong dalam pembangunan jamban keluarga.

Kemudian, melaunching ruang rawat inap puskesmas Muara Kelingi, peninjauan pelaksanaan pelayanan kesehatan, gerakan rumah tanpa asap rokok (RTAR), pencanangan cakro dan pemasangan sticker RTAR oleh masyarakat SP5 Karya Teladan Kecamatan Muara Kelingi. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb