Pemkab Musi Rawas Dukung Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

Musi Rawas, – Pemkab Musi Rawas bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat, menyelenggarakan acara Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah desa bagi Sekretaris Desa dan Kepala Urusan Keuangan desa se Kabupaten Mura tahun 2018, di Balai Kecamatan Purwodadi, Senin (05/11).

Dalam kegiatan tersebut, diikuti sebanyak 372 peserta dari kecamatan di wilayah Kabupaten Musi Rawas, yang dipusatkan ditiga Kecamatan yakni, Purwodadi, Muara Beliti dan Muara Kelingi. Dengan mengangkat tema, “Optimalisasi Pengadministrasian Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa).”Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan membuka secara langsung acara tersebut dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Karena menurutnya merupakan proses yang penting bagi sekretaris desa dan kepala keuangan desa untuk meningkatkan pengetahuan dan untuk meningkatkan kemampuan Aparatur Pemerintah Desa dalam tertib administrasi pemerintahan dan pengelolaan keuangan desa dalam rangka mendukung pelaksanaan pembangunan daerah.

Masih menurutnya, dalam pelatihan ini juga dapat menjadi salah satu kunci terwujudnya administrasi pemerintahan yang baik, untuk mewujudkan Good Governance yang didalamnya memuat kriteria pemerintah yang responsif, transparan dan akuntabel, yang menjadi persyaratan bagi keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas Pemerintahan.

Selain itu pelatihan ini juga dapat menjadi wadah yang tepat dalam bertukar pikiran bagi sekretaris dan kepala keuangan desa, dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan Aparatur Pemerintah Desa dalam tertib administrasi pemerintahan dan pengelolaan keuangan desa, dalam menjalankan pemerintahan di wilayah masing-masing.

Mengakhiri bupati menyampaikan, “salah satu keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah adalah kemampuan Pemerintah Daerah dalam mengoptimalisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa), sesuai dengan Visi dan Misi Musi Rawas Sempurna 2021, Sejahtera, Mandiri, Produktif, Unggul, Religius, Nyaman dan Aman,” pungkasnya. (adv)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb