Bupati Pantau Pelaksanaan Tes CPNS Kabupaten Musi Rawas

Musi Rawas – Tahapan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Musi Rawas memasuki tahap Uji Kompetensi Dasar. Bertempat di Auditorium Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, sebanyak 3017 peserta mengikuti seleksi kompetensi ini.

Dengan menggunakan pakaian hitam putih, secara teratur peserta memasuki lokasi tes yang terlebih dahulu mengisi absensi dan menunjukan kartu nomor peserta dan KTP kepada pengawas tes dari BKN Pusat. Setelah itu, dinyatakan memenuhi syarat, peserta diarahkan menuju tempat duduk yang telah disediakan laptop.

Tes kompetensi dasar dibagi atas 10 sesi dan dijadwalkan selama tiga hari, mulai Minggu (28/10/2018) yang terbagi atas 4 sesi, Senin (29/10/2018) 5 sesi dan Selasa (30/10/2018) 1 sesi. Setiap sesi diikuti oleh 300 hingga 320 peserta.

Untuk memastikan proses penerimaan CPNS ini berjalan dengan lancar, sebelum dimulainya pelaksanaan tes, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan meninjau langsung lokasi tes dan terlihat menerima penjelasan dari panitia dan melihat peralatan yang digunakan oleh peserta.

Pada kesempatan itu, Bupati kepada sejumlah awak media mengatakan pelaksanaan tes ini terpantau berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Baik dari peralatan maupun masalah teknisnya di kelola langsung oleh BKN Pusat dan dibantu oleh BKPSDM Mura.

Bupati memastikan pelaksanaan tes dengan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT) ini dapat mencegah tindak kecurangan dalam bentuk apapun dan hasil tes dapat diketahui secara langsung.

Untuk itu, Bupati menghimbau kepada seluruh peserta untuk terus belajar, memahami sistem CAT, menjaga kesehatan dan berdoa, sehingga dapat mengisi soal dengan benar dan dapat memenuhi kriteria-kriteria kelulusan.

Diketahui, setiap peserta diwajibkan untuk memenuhi kriteria kelulusan seperti tes wawasan kebangsaan (TWK) minimal 75 point, Tes Itelengensi Umum (TIU) minimal 80 point dan Tes Keperibadian  Personality (TKP) minimal 143 poin.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Musirawas, Rudi Irawan disela pelaksanaan seleksi kompetensi dasar CPNS di Auditorium Pemkab Musirawas, Minggu (28/10/2018) mengungkapkan untuk hari pertama pelaksanaan tes CPNS ini telah diikuti oleh sekitar 1200 peserta dari 3017 peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Dikatakannya, peserta tes ini telah diwajibkan hadir dilokasi 60 menit sebelum pelaksanaan tes dimulai dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu tanda peserta tes dan menggunakan pakaian kemeja putih polos tangan panjang dan celana atau rok panjang berwarna gelap serta harus memakai sepatu.

Terkait dengan tes ini, Rudi mengingatkan kepada peserta tes agar jangan percaya kepada pihak atau oknum yang menjanjikan bisa meluluskan CPNS, jika menemukan, maka segera laporkan kepada yang berwajib.

Dirinya memastikan dengan menggunakan sistem CAT, maka hampir dapat dipastikan penerimaan CPNS tahun 2018 akan berlangsung dengan jujur dan bertanggung jawab secara kualitas dan kompetensinya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb