Ketua TP PKK Mura Promosikan Wisata Curug Panjang

MUSI RAWAS – Keindahan, Kealamaian dan Potensi Wisata Air Terjun Curug Panjang, Desa Durian Remuk, Muara Beliti membuat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Rawas, dr Hj Noviar Marlina Gunawan jatuh hati. Melalui akun Instagramnya @novihendragunawan ikut mempromosikan salah satu wisata andalan di daerah yang dipimpin oleh H Hendra Gunawan ini.

Tak sebatas sampai disitu, dengan menggunakan baju putih bermotif buang merah, istri dari Bupati Musi Rawas ini, Jum’at (03/08/2018) lalu, mengajak ratusan ketua dan pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) untuk melihat langsung keindahan curug panjang durian remuk ini dan melakukan pembinaan dan silaturahmi kepada pengurus Tim Penggerak PKK Desa dan Masyarakat setempat.

Ikut serta pengurus GOW Musi Rawas yaitu Ketua Cabang Bhayangkari Musi Rawas, Devi Bayu Dewantoro, Ketua Persit KCK Cabang XVII Kodim 0406/Mura, Wati Dodi Syamsurizal, Ketua Ikatan Istri (IKATRI) Anggota DPRD Musi Rawas, Delliyani Yudi Pratama, SH, Perwakilan Ikatan Adhiyaksa Dharma kartini Lubuklinggau, Istri Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau, Istri Pengadilan Negeri Lubuklinggau, Istri Kepala LP Narkoba Lubuklinggau, Ketua TP PKK Kecamatan Muara Beliti dan pengurus dari masing-masing organisasi di bawah naungan GOW Musi Rawas.

Hj Noviar Marlina saat memberikan pembinaan kepada pengurus Pemerintah Desa, TP PKK Desa Durian Remuk dan Masyarakat mengungkapkan wisata air terjun curug panjang memiliki potensi yang sangat besar untuk menarik wisatawan. Hal yang paling utama yang harus dijaga yaitu keamanan dan kebersihan serta fasilitas bagi wisatawan seperti tempat duduk santai, lokasi selfie dan lainnya.

Apalagi saat ini, lanjut Bunda Novi, Obyek wisata ini sudah mulai viral dan mendapatkan perhatian dari wisatawan baik lokal, regional, nasional bahkan luar negeri. Untuk itu, pihaknya siap membantu masyarakat desa untuk mempromosikan dan menata obyek wisata ini seperti menata taman, mendorong masyarakat untuk membuat souvenir seperti baju, gantungan kunci, makanan khas lokal dan tempat selfie, sehingga curug panjang ini dapat terus menjadi obyek wisata andalan di Musi Rawas.

Sementara itu, Camat Muara Beliti, Dodi Irdiawan mengungkapkan sejak diresmikan dan dikunjungi oleh Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan, (14/07/2018) lalu dan masifnya promosi di medsos dan media online serta cetak yang dilakukan oleh Pemerintah Desa, Karang Taruna, Tim Ekspedisi Desa, Relawan dan Dinas Kominfo Musi Rawas serta Radio Darussalam Sempurna 97, FM, setidaknya setiap akhir pekan, sabtu dan minggu, wisatawan terus bertambah, setidaknya ada sekitar 500 sampai 700 pengunjung.

Dikatakan Dodi, dengan meningkatnya jumlah pengunjung di obyek wisata ini, berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan, seperti penarikan retribusi parkir, terbukanya kios jualan warga dan lainnya. kedepan, harap Dodi, obyek wisata dapat terus ditingkatkan fasilitasnya baik seperti kios souvenir dan makanan, pondok istrirahat, mck, tempat ganti baju dan lainnya.

Obyek Wisata Air Terjun Curug Panjang merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 4-5 meter, dengan panjang cekungan hampir 60 meter. Curug Panjang ini merupakan daerah aliran sungai (DAS) Air Kati yang memiliki hulu di Kabupaten Rejang Lebong dan bermuara di Desa Muara Kali Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut. Untuk menuju kelokasi wisata ini, dapat menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. Waktu tempuh dari Ibukota Muara Beliti berkisar antara 30-45 menit atau dengan jarak sekitar 8 km. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb