Pimpinan DPR Tinjau Persiapan Asian Games

JAKARTA – Menjelang pembukaan Asian Games 2018 yang tinggal hitungan hari lagi, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah bersama para Pimpinan Komisi III DPR RI dan Komisi X DPR RI meninjau kesiapan venue Asian Games 2018 di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Setibanya di Kompleks GBK, Pimpinan DPR RI bersama Anggota DPR RI lainnnya disambut langsung Ketua Inasgoc Erick Thohir beserta Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks GBK (PPK GBK) Winarto dan meninjau langsung Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang juga akan dipergunakan untuk Opening Ceremony Asian Games 2018.

Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR RI itu, mengapresiasi kinerja Inasgoc dalam mempersiapkan sarana dan prasaranan untuk penyelenggaraan Asian Games. Menurutnya,  Indonesia sudah siap menjamu kedatangan bangsa-bangsa Asia, hanya tinggal mempercantik area taman dan beberapa venue sudah dalam tahap finishing.

“Pengerjaan pembangunan dan venue olahraga sudah sangat bagus sekali, dan sesuai taraf internasional. Ini menunjukkan keseriusan pemerintahan Presiden Jokowi dalam menjaga nama baik bangsa dihadapan bangsa-bangsa Asia,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Saat meninjau area SUGBK sebagai tempat upacara pembukaan, mantan Ketua Komisi III DPR RI ini memberikan bocoran bahwa nantinya acara pembukaan akan menampilkan hal yang spektakuler. Bukan hanya dari sisi kemegahan maupun kemewahan, namun dari sisi kreatifitas yang akan ditunjukkan melalui berbagai performance anak Bangsa Indonesia.

“Tapi bagaimana konsep detailnya, saya tidak boleh ungkapkan ke publik, karena nanti jadi tidak surprise lagi. Saya berani beri jaminan dan kepastian kepada masyarakat, bahwa pembukaan Asian Games akan luar biasa sekali. Karenanya saya harap masyarakat mendukung dengan membeli tiket dan datang langsung menyaksikan acara pembukaan,” papar Bamsoet.

Selanjutnya, rombongan melanjutkan peninjauan ke Stadion Madya untuk cabang olahraga atletik.  Rombongan berkesempatan melihat langsung para atlet sedang berlatih,  termasuk Sprinter Indonesia Lalu Muhhamad Zohri, yang baru saja mengharumkan nama Indonesia pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia.

Kepada para atlet, Bamsoet memberikan motivasi dan berpesan agar tetap menjaga semangat dan stamina sebagai kunci kemenangan dalam pesta olahraga Asia yang akan dimeriahkan oleh 45 negara peserta.

“Sebelumnya kita pernah jadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962, dan berhasil meraih runner-up, setelah itu kita tidak pernah lagi masuk 5 besar. Karena itu, kita harapkan di Asian Games kali ini,  dengan seluruh usaha yang ada, kita bisa masuk 5 besar, itu harapan kami,” harapnya.

Ketua Badan Bela Negara Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) ini juga mengingatkan agar usai Asian Games 2018, berbagai pembangunan yang sudah dilakukan bisa tetap terjaga dan terawat dengan baik. Jangan sampai uang rakyat menjadi sia-sia.

“Kelemahan kita terkadang bisa membangun, tak bisa merawat. Saya minta setelah ini pengelola GBK bisa berkoordinasi dengan Sekretariat Negara untuk menghitung berapa kira-kira kebutuhan dana untuk merawat Kompleks GBK. Nanti kami di DPR RI akan mendorong. Namun saya ingatkan, merawat dan menjaga bukan hanya tugas pengelola GBK saja, melainkan juga tugas kita bersama,” jelas Bamsoet.

Turut serta dalam rombongan dari DPR RI antara lain Wakil Ketua Komisi III DPR RI Erma Suryani Ranik (F-Demokrat), Anggota Komisi I DPR RI Arvin Hakim Thoha (F-PKB), Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu (F-PDI Perjuangan), Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni (F-Nasdem), Anggota Komisi III DPR RI Taufiqulhadi (F-NasDem), Anggota Komisi X DPR RI Muslim (F-Demokrat) dan Anggota Komisi XI DPR RI Sarmudji (F-Golkar). (ann/sf–DPR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb