Persimura dan SFC Bertemu di Zona 3 Piala Indonesia 2018

BOGOR – Persimura Musi Rawas akan menjadi salah satu klub dari 128 klub yang akan bertanding pada Piala Indonesia 2018. Dari drawing yang dilaksanakan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Kamis sore (3/5), Persimura dan Sriwijaya serta PS Bangka Selection, PS Timah Bangka, PS Belitung Timur, PS Bengkulu, PS Benteng, dan Persijam Jambi akan bertemu pada Zona 3 dari 16 Zona yang telah ditetapkan.

Hasil Drawing itu, Persimura akan menghadapi PS Timah Bangka, sementara Sriwijaya FC akan memulai perjuangan dengan menantang juara Liga 3 Bangka Belitung 2017, PS Bangka Selection, di Stadion Orom Sungailiat. Pertandingan lainnya di Zona 3 pertemukan PS Belitung Timur kontra PS Bengkulu, dan PS Benteng melawan Persijam Jambi.

Pemenang di babak 128 besar akan melaju ke babak 64 besar, kemudian ke fase 32 besar, 16 besar, delapan besar, semifinal, dan final. Sriwijaya FC menjadi tim unggulan di zona ini karena satu-satunya tim dari Liga 1 sementara Persimura mwnjadi tim debutan dari Sumsel dimana akan berjuanv menghadapi PS Timah Bangka yang tahun lalu berlaga di Liga2 dan tahun ini degradasi ke Liga3.

Ketua Umum Persimura H Rudi Irawan mengaku cukup bersemangat menghadapi persaingan Piala Indonesia perdana bagi Persimura. Berbagai persiapan sudah dilakukan khususnya menyiapkan tim. Semenyata untuk pelatih masih melanjutkan kontrak dengan trio mantan punggawa SFC Jarot, Donny dan Septarianto.

Ditambahkan Ketua Askab PSSI Mura yang juga Ketua IKA FISIP Unsri itu ini untuk materi pemain sebagian besar masih seperti skuad yang turun di Liga3 tahun lalu dengan menambah pemain di beberapa posisi.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan meminta managemen Persimura dan Askab PSSI Mura untuk bersiap menghadapi Piala Indonesia 2018. Menurutnya ajang ini menjadi kesempatan besar bagi duni sepakbola Musi Rawas untuk semakin memantapkan diri bisa bersaing di tingkat nasional untuk semua kompetisi.

Dikatakan Bupati, menjadi kontestan Piala Indonesia 2018 sudah sangat luar biasa dan akan menjadi makin luar biasa jika kita bisa menapak lebih jauh apalagi hingga putaran final walaupun kita tetap realistis karena akan menghadapi klub-klub yang sudah memiliki nama besar di dunia persepakbolaan Nasional.

Ketua Panpel Piala Indonesia 2018 Iwan Setiawan usai drawing mengungkapkan setiap babak akan dilakukan drawing untuk menentukan lawan berikutnya. Untuk jadwal pastinya, pihaknya akan merilis dalam satu sampai dua hari ke depan.

Dikatakanya 128 Klub ini akan memperebutkan hadiah sebesar Rp500 juta untuk peringkat keempat, Rp 1 miliar untuk peringkat ketiga, lalu Rp 2 miliar untuk runner up, dan Rp 3 miliar bagi tim juara.

Sementara itu, Sekjend PSSI Ratu Tisha pada kesempatan itu mengungkapkan dalam turnamen tiga kasta ini, klub Liga 1 disebar ke semua zona kecuali Zona 2. Zona ini diisi klub paling tinggi dari Liga 2 seperti Semen Padang dan PSPS Pekanbaru. Sisanya dari Liga 3 macam PS Pekanbaru, Nabil FC, Batang Anai FC, Pes Pessel, Kepri 757Jaya, dan PS Bintan. Sebaliknya, ada juga zona yang diisi dua klub Liga 1 macam Zona 11 dan Zona 14. Zona 11 ada Persela Lamongan dan Persebaya selebihnya diisi klub dari Liga 2 dab 3. Sementara Zona 14 ada Mitra Kukar dan Borneo FC dikeroyok tim dari Liga 2 dan 3.

Dikatakannya untuk partai pembuka akan hadirkan pertandingan Persibo Bojonegoro selaku juara bertahan menjamu Madura United pada 8 Mei pukul 15.30 WIB. Dilanjutkan malam harinya PSBK Blitar melawan Arema FC. Satu slot di zona 1 yang belum terisi akan ditunggu sampai sepekan ke depan.

Plt. Ketum PSSI Joko Driyono pada kesempatan itu mengungkapkan hadirnya kembali Piala Indonesia dapat menggairahkan persepakbolaan Indonesia. Turnamen ini akan disiarkan dua televisi yaitu MNC Grup dan Jawa Pos TV.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb