Wartawan Kompeten Tidak Ada Hubungan dengan Tingkat Kesejahteraan

PALEMBANG, Jurnalindependen.com – Wartawan Kompeten atau profesional tidak ada hubungannya dengan tingkat kesejahteraan, karena dua hal tersebut sisi yang berbeda dalam profesi jurnalistik. Namun demikian kompetensi wartawan menjadi sangat penting agar dapat lebih mengoptimalkan fungsi pers itu sendiri.

Direktur Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Usman Yatim menyampaikan saat UKW PWI Sumsel ke-12 di Aula TVRI SumselBabel Palembang, Jum’at (23/12/2016) bahwa perlunya kompetensi wartawan agar peran pers lebih optimal dan sesuai aturan yang ada. Mengenai kesejahteraan wartawan merupakan sisi yang lain karena tergantung dimana wartawan tersebut bekerja.

“Hingga kini 14 ribu lebih anggota PWI,  6.850 diantara sudah lulus UKW. Artinya belum separuh anggota ikut UKW. Di Sumsel ini mestinya wartawan yang sudah UKW lebih banyak dari daerah lain, karena pencanangan UKW pertama di Palembang saat peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2010,” kata Usman Yatim.

Usman Yatim berharap kepada tiga puluh peserta UKW PWI Sumel ke-12 dapat lulus dan berkompeten sebagai wartawan. “Selamat ujian kepada rekan-rekan peserta UKW, semoga lulus semua dengan memuaskan,” tutup Usman Yatim.

Penulis/Editor : Faisol Fanani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb