Baru Setahun Diperbaiki, Jalan Produksi Rusak Lagi

MUSIRAWAS – DIPERBAIKI tahun 2015. Kini jalan produksi untuk kelompok pembudidaya ikan di Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, rusak lagi.

Pantauan, Jumat (22/4), empat jalan produksi masing-masing untuk Kelompok Nilam Sari, di Desa Kali Bening, Kelompok Surya Mandiri, di Desa Surodadi, serta Kelompok Pasundan dan Kelompok Nilam SIP, di Desa D Tegal Rejo, sudah berlubang, akibat semennya terkelupas dan terkikis. Kerusakan ini, mengesankan seakan jalan ini belum pernah diperbaiki.

Zainal, warga Desa Triwikaton, Kecamatan Tugumulyo, menyayangkan jalan produksi Kelompok Nilam Sari, sepanjang sekira 1 kilo meter, dengan lebar 1,2 meter, tebal 20 centi meter, yang membentang antara Desa Kali Bening dengan Desa Triwikaton, sudah banyak lubang. Sebab, kata dia, selain baru selesai dibangun tahun lalu, jalan ini cuma dilalui kendaraan roda dua yang tonasenya tidak begitu berat. 

Ketua Kelompok Surya Mandiri, Gianto, mengaku tidak tahu siapa pelaksana pembangunan jalan produksi sepanjang 650 meter, lebar 1,5 meter, dan tebal 20 centi meter. Dia menjelaskan titik nol pekerjaan mulai Bulan April tahun 2015, dan selesai dikerjakan menjelang awal bulan puasa tahun kemarin.

Jalan Pasundan
Jalan Pasundan
Nilam Sari
Nilam Sari

Wardi, tukang yang mengerjakan pembangunan jalan produksi Kelompok Pasundan, menerangkan panjang jalan yang dibangun sekira 1 kilo meter, lebar 1 meter, tebal 20 centi meter. “Setahu saya jalan ini dikerjakan CV Pak Abas di Marga Mulya,” katanya. “Untuk lebih jelas, tanya langsung sama Pak Evi (Ketua Kelompok Nilam SIP), sebab dia yang lebih paham dengan bangunan yang ada di lokasi ini.”

Ketua Kelompok Nilam SIP, Evi Harianto, pengerasan jalan dilaksanakan tahun 2015, dan selesai dikerjakan lima bulan lalu. Jalan produksi sepanjang 900 meter, lebar 1,2 meter, dan tebal 20 centi meter, dibangun berdekatan dengan jalan produksi kelompok Pasundan. “Saya tidak tahu CV mana yang mengerjakan, sebab saya tidak dilibatkan dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Infrmasi dihimpun, kegiatan Pengerasan jalan produksi untuk Kelompok Nilam Sari, dianggarkan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan, di APBD Musirawas tahun 2015, sebesar Rp305.415.000, jalan produksi Kelompok Surya Mandiri Rp356.110.000, jalan produksi Kelompok Pasundan Rp365.275.000, dan Kelompok Nilam SIP Rp383.200.000. (PerjuanganRakyat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb