Musi Triboatton Ajang Promosi Wisata ke Negara Tetangga

PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan even internasional Musi Triboatton merupakan upaya mempromosikan objek wisata daerah ke negara tetangga.

Sebab potensi wisata alam terutama sungai cukup menarik bagi wisatawan mancanegara sehingga perlu dipromosikan, kata Gubernur Alex di Palembang, Sabtu (09/04/2016).

Melalui kegiatan olahraga perairan ini, promosi wisata daerah dapat dilaksanakan termasuk keluar negeri. Apalagi pesertanya juga dari negara tetangga sehingga kesempatan tersebut dapat dijadikan ajang promosi, ujar dia.

Selain itu, Musi Triboatton akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah serta memacu infrastruktur wilayah untuk mempercepat perkembangan pembangunan ekonomi Sumsel.

Oleh karena itu, kegiatan olahraga perairan tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga berlangsung sukses.

Dia mengatakan ada empat kabupeten dan satu kota yang akan menaji tuan rumah kegiatan ini, yakni Musi Banyuasin, Musi Rawas,  Banyuasin, Kabupaten Empat Lawang dan Kota Palembang.    

Pembukaan akan digelar di Gelanggang Remaja Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin pada 12 Mei 2016. Sebanyak 20 tim peserta Musi Triboatton akan melalui lima etape, mulai dari lokasi start di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang. Kemudian dilanjutkan di Desa Ulak Mengkudu Lapangan SDN 14 Empat Lawang sebagai lokasi estafet peserta dengan finish di Jembatan Kuning, Tebing Tinggi untuk etape pertama.

Etape kedua akan dilaksanakan di Desa Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas.

Etape ketiga di Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin. Etape keempat dimulai di Dermaga Pangumbuk, Kabupaten Banyuasin.

Sementara kelima akan menjadi titik akhir peserta di Kecamatan 10 Ulu Kota Palembang.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya saat peresmian Musi Triboatton di Jakarta beberapa waktu lalu mengatakan, Musi Triboatton merupakan paduan wisata penjelajahan sungai.

Oleh karena itu Musi Triboatton diharapkan menjadi model sport tourism di Indonesia.

Apalagi Sumsel sangat menonjol dibanding daerah lain, bahkan Jakarta sehingga sangat tepat memilih Sumsel sebagai contoh, ujarnya.

Sport tourism, kata Arief, merupakan salah satu andalan untuk mendongkrak kunjungan turis, baik wisaman maupun turis dalam negeri. (Sumber : Antara Sumsel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb