Tes Urine Balon Kades Bakal Libatkan BNK

MUSIRAWAS, Jurnalindependen.com – Selain menargetkan pegawai honor K2 bebas Narkoba, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) juga menargetkan kali ini tes urine bagi calon Kepala Desa (Kades), sebagai syarat bebas Narkoba.

Sebagaimana disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Mura melalui Kabid Pemerintahan Desa, Dodi Irdiawan ketika dihubungi Jurnalindependen.com siang tadi, Senin (04/04/2016) bahwa pihaknya selama ini mempersyaratkan bagi calon Kades agar bebas narkoba dengan dibuktikan tes urine dan rekomendasi/keterangan dari Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Musi Rawas.

“Dalam Peraturan Daerah (Perda) memang bakal calon (balon) Kades harus bersih dari Narkoba dengan hasil tes di Rumah Sakit dan rekomendasi/keterangan BNK. Terima kasih¬†telah diingatkan untuk melibatkan langsung BNK saat tes urine dimaksud,” katanya.

Mengenai pelaksanaan tes urine di BPMPD, kata Dodi, tahun 2014 dan 2015 sudah dilaksanakan tes urine balon kades di kantornya, melibatkan tim medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan pengamanan Pol PP tapi sifatnya dadakan bukan dijadwalkan.

Diketahui bahwa sesuai permintaan BNK Mura, dengan target pegawai honor K2 dan sudah dilaksanakan di BKPP Mura melibatkan pihak BKPP, BNK, Dinkes, RS Sobirin dan Pol PP. Pemeriksaan secara ketat dan transparan, sehingga sulit untuk direkayasa karena yang menghadiri sifatnya adalah Tim.

Demikian juga target berikutnya untuk balon Kades, karena direncanakan bakal ada Pilkades serentak, maka kemungkinan dapat dilaksanakan sebagaimana yang telah dilakukan di BKPP tersebut. (fs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb