Pemkab OKU akan lelang jabatan eselon II

BATURAJA — Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan akan melelang jabatan dalam memilih pimpinan satuan kerja perangkat daerah atau pejabat eselon II.

Sekretaris Daerah Pemkab Ogan Komering Ulu (OKU) Marwan Sobrie, di Baturaja, Kamis, mengatakan anggarannya sudah siap. Namun pihaknya belum bisa memastikan kapan pelaksanaan lelang jabatan eselon II tersebut akan dimulai.

Ia mengatakan, lelang jabatan ini sesuai dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara yang tujuannya sebagai upaya menjamin keadilan dan transparansi dalam pengisian jabatan struktural.

Menurut Sekda, lelang jabatan akan dilaksanakan secara terbuka, dalam hal ini Pemkab akan membentuk tim seleksi baik dari dalam maupun pihak luar seperti kalangan akademisi.

Ia yakin dengan diberlakukannya lelang jabatan secara terbuka, semua PNS memiliki peluang yang sama untuk menduduki jabatan eselon II sepanjang memenuhi persyaratan.

Sementara Kabag Organisasi Setda OKU Amzar Kristofa membenarkan wacana akan melelang jabatan eselon II tersebut.

“Tahun ini banyak kebijakan baru dari pusat yang wajib kita jalankan. Salah satunya mengenai lelang jabatan itu,” katanya.

Namun demikian, lanjut dia, pihaknya juga masih menunggu revisi PP 41 tentang Pedoman Penyusunan Organisasi Perangkat Daerah.

Oleh Karena itu, wacana mengenai beberapa kewenangan pemerintah kabupaten/kota yang akan ditarik ke pemerintahan di tingkat atasnya, belum bisa berjalan hingga saat ini.

“Pemecahan dinas kita masih menunggu perubahan PP 41 tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah. Sampai saat ini, perubahan itu belum ada,” katanya.

Dijelaskannya, sesuai dengan UU No 23 tahun 2014, sebagai perubahan dari UU No.32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, baik dinas maupun badan akan berubah.

“Nanti tidak ada istilah kantor. Yang ada itu hanya badan atau dinas teknis yang terbagi dalam beberapa klasifikasi seperti tipe A, B dan C,” katanya.

Sumber : Antara Sumsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb