Belum Dua Bulan, Proyek Jalan Jadi “Kubangan Kerbau”

MUSIRAWAS Masyarakat mengeluhkan hasil proyek peningkatan jalan dalam Kecamatan Sumber Harta, Kab. Musirawas (Mura), Propinsi Sumsel yang lokasi di Desa Sukamaju, Jamburejo dan Sukarame yang menelan dana APBD Mura 2015. Proyek   Rp. 2,282,575,000 yang  dikerjakan  PT.Hastomulyo Adiprima ini kondisinya sangat memperihatinkan karena  rusak parah dan  jalan itu sudah jadi  kubangan kerbau.

Pantauan dilapangan, kondisi jalan dalam kecamatan Sumber Harta meliputi Desa Sukamaju dan  Jamburejo rusak. Terparah di  Desa Sukarame karena setiap 10 meter badan jalan  terjadi kerusakan dengan lubang yang besar dan memanjang. Lubangnya  berdiameter 10 hingga sampai 20 meter.

Katno (40) yang mengaku warga Desa Sukarame saat ditanya mengatakan, jalan yang baru diaspal tahun 2015 di Kecamatan Sumber Harta ada tiga tempat yakni di  Desa Sukamaju,  Jamburejo dan Desa Sukarame dengan anggaran yang sangat besar mencapai  miliaranan rupiah.

“Setahu saya dan sesuai dengan papan merk yang dipasang,  proyek jalan di Kecamatan Sumber Harta yang baru diaspal di tiga desa tersebu>Benar atau tidak yang saya katakan itu, bapak lihat saja ada papan merknya dipasang dekat simpang empat, “ ujarnya.

Dikatakan, warga sangat kecewa jalan yang baru selesai diaspal, belum sampai dua bulan masyarakat menikmati jalan yang bagus tersebut, kini jalan itu sudah  rusak kembali. Terlihat hampir separuh jalan kondisinya sudah berbentuk lubang besar, apalagi saat ini musim hujan sehingga jalan itu sudah menjadi kubangan kerbau.

“Saat ini kondisi jalan  rusak parah di Desa Sukarame, jalan yang baru diaspal, dengan panjang 1 km kini hampir separuh jalan di desa ini sudah menjadi kubangan kerbau. Kerusakan jalan itu sudah berbentuk lubang besar dan berlumpur. Di desa Sukamaju dan Jamburejo, rusaknya belum parah hanya mengalami retak-retak besar tapi lama kelamaan rusaknya akan sama seperti jalan di Desa Sukarame, “ ungkapnya.

Sementara itu, Muhammad Fahmi S,ST, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Peningkatan Jalan Dalam Kecamatan Sumber Harta, saat dikonfirmasi di  kantor Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kab . Musirawas membantah proyek jalan yang rusak parah di Desa Sukarame masuk paket perkerjaan dalam Kecamatan Sumber Harta. Jalan yang baru diaspal dalam Kecamatan Sumber Harta, tahun ini meliputi Desa Sukamaju 1 km, Jambu Rejo 1,5 km, Sumber Sari 1 km dan Sumber Jaya 1 km.

“Foto jalan yang rusak di Desa Sukarame yang kamu tunjukkan kepada saya bukan gawean (pekerjaan) kito, itu gawean masuk zona 2, dan foto jalan yang retak lebar di Desa Sukamaju dan Jamburejo, itu baru gawean kito,” jelasnya dengan logat bahasa daerah Palembang.

Dikatakannya, jalan yang rusak di Desa Sukamaju dan Desa Jamburejo akan diperbaiki karena masih masa pemeliharaan.“Pihak rekanan akan saya panggil untuk secepatnya memperbaiki jalan yang rusak di desa  itu”, ujarnya.

Sumber : Patroli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb