Pemdes Perhatikan Keterwakilan Perempuan dalam BPD

BATURAJA – “Keterwakilan perempuan dalam sebuah pemerintahan amatlah penting agar dapat memberikan kontribusi dan menyampaikan aspirasi kaum perempuan secara maksimal, termasuk juga pada setiap Desa untuk anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa),” hal demikian disampaikan Kades Pandan Dulang, Jumroni Elius ditemui saat pelaksanaan pemilihan anggota BPD, Rabu (07/11).

Pemilihan BPD tersebut dilaksanakan serentak untuk 6 Desa, yaitu Desa Singapura, Banjar Sari, Pandan Dulang, Kebun Jati, Pengaringan dan Sleman.

Kembali dijelaskan oleh Kades Pandan dulang, “Pentingnya keterwakilan perempuan dalam pemilihan BPD ini dillaksanakan dalam 2 opsi untuk kuota Perempuan, yaitu keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan.”

Dikatakan Kepala Desa Pandan Dulang, bahwa pendaftar calon anggota BPD cukup banyak, yaitu berjumlah 18 orang termasuk perwakilan kuota perempuan, dari ke 18 calon tersebut akan ada 5 orang terpilih, satu orang perwakilan perempuan dan 4 orang wakil dari laki-laki.

”Berdasarkan hasil musyawarah desa, maka disepakati bahwa satu calon dari keterwakilan perempuan ini para pemilihnya juga harus dari kaum perempuan juga, sehingga jelas keterwakilan kelompok perempuan memang ada,” terang Kades Pandan dulang.

Selanjutnya, pemilihan per wilayah atau dusun barulah di lakukan pemilihan lagi, dan tetap diikuti dari masing-masing mata pilih dari wilayah tersebut, untuk para calon BPD ini tidak ada biaya pelaksanaan pemilihan, semua dianggarkan dari Dana Desa, tinggal lagi para calon melengkapi persyaratan pendaftaran calon BPD.

“Untuk pemilihan ini, kita menganggarkan dana sebesar Rp 17 juta, untuk biaya honor panitia, pembuatan surat suara, konsumsi, tenda, kursi, dan itu dihitung sejak dimulainya masa pembentukan calon panitia BPD hingga selesai pemilihan, dan kita bersyukur pelaksanaan ini berlangsung lancar, “ Jelas Kades Pandan Dulang.

Pemilihan BPD ini melibatkan pihak keamanan dari TNI dan kepolisian dan diawasi oleh Camat Semidang Aji, Emharis Suryadi Putera serta Kapolsek Semidang Aji Iptu A. Bastari, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Begitu juga dengan Kades Singapura saat ditemui menjelaskan hal yang juga senada dengan Kades Pandan Dulang.

“Pemilihan anggota BPD ini diharapkan dapat memberikan ide dan rencana pembangunan di tiap dusun yang terwakili sebagai anggota BPD, serta memahami tugas dan fungsi kerja mereka, terutama merencanakan pembangunan di wilayahnya melalui musyawarah, BPD terdiri dari orang-orang yang dapat merencanakan pembangunan di tiap dusun atau wilayah mereka melalui musyawarah bersama,“ jelas Kepala Desa Singapura Charles.

Kapolsek Semidang Aji Iptu A. Bastari berharap dalam pemilihan BPD ini semua pihak dapat menjaga keamanan dan ketentraman sehingga berjalan dengan lancar dan sukses.

Sumber : komeringonline.com

Link : http://komeringonline.com/kades-pandan-dulang-keterwakilan-perempuan-dalam-bpd-sangat-penting/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb