Bupati Musi Rawas Dinobatkan Sebagai Inisiator & Penggerak KUKM

JAKARTA – Penganugerahan Smesco Award 2018 menjadi momen special bagi Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dimana dirinya menerima penghargaan dan tropy sebagai Inisiator dan Penggerak KUKM di diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi UKM AAGN Puspayoga. Jumat (26/10) di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta.

Penghargaan bergengsi dari Majalah PELUANG itu diserahkan oleh Menteri Koperasi UKM AAGN Puspayoga ini disaksikan oleh lebih dari 300 undangan itu dihadiri sejumlah kepala daerah, kepala dinas koperasi UKM dari provinsi, kabupaten dan kota serta pegiat koperasi dan UKM di wilayah Jabodetabek.

Selain Bupati Musi Rawas, penghargaan yang sama juga di berikan kepada Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Menurut Pemimpin Umum Majalah PELUANG Irsyad Muchtar mengatakan penghargaan kepada dua kepala daerah itu sangat layak karena prestasinya yang fenomenal dalam memberdayakan KUKM di daerahnya.

Dikatakan Irsyad, dalam konteks pengembangan KUKM di daerahnya, keberhasilan Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan bisa dilihat dari lahirnya Uma Inovasi Selangit, rumah produksi yang digagas sejumlah anak muda dengan tujuan memberdayakan ekonomi masyarakat. Produknya bervariasi, mulai dari pendampingan petani karet, pengelolaan dan pemasaran kopi selangit, budidaya jamur tiram, budidaya ikan lele dan patin, serta pengembangan bank sampah. Berkat dorongan Hendra Gunawan, produksi Uma Inovasi terus berkembang, dikenal hingga tingkat provinsi dan nasional.

Kiprah Hendra Gunawan memang lekat dengan berbagai inovasi, terutama di bidang perekonomian dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Langkah konkritnya untuk turun langsung dalam pengembangan pertanian organik, mulai dari produktivitas padi unggul, diversifikasi produk tanaman tebu, kopi, budi daya cabai, hingga budi daya lele berimbas pada meningkatnya daya ekonomi masyarakat. Wajar jiika putra Lubuk Linggau kelahiran 29 Juli 1964 ini meraih berbagai penghargaan di tingkat regional maupun nasional.

Semantara itu, lanjut Irsyad, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar tidak hanya dinilai berhasil mengurangi tingkat hunian kumuh di wilayahnya tetapi juga mampu melibatkan peran aktif koperasi sebagai penggerak perekonomian di lapis akar rumput. Menurut Irsyad, penghargaan untuk Zaki Iskandar memang tidak lepas dari prestasinya yang besar dalam memajukan Tangerang. Tetapi sisi lain yang ingin ditonjolkan adalah karena ia mampu melakukan langkah nyata dalam pemberdayaan koperasi dan UKM.

Selain dua tokoh tersebut, Menteri Koperasi UKM juga menyerahkan penghargaan berupa trophy Smesco Award 2018 kepada 21 UKM berkinerja unggul yang salah satunya UKM dari Kabupaten Musi Rawas yakni Uma Inovasi Selangit yang digagas Yanuardi Betra Kurniawan dengan kategori Wirausaha Sosial (Socialpreuner).

Penghargaan diberikan dengan tujuh kategori yaitu Wirausaha Socialpreneur, Handmade Creation, Cultural Heritage, Export Oriented, Business Innovative dan Sustainability Business. Kriteria yang cukup menonjol terhadap peraih Smesco Award ketiga ini adalah kemampuan wirausahawan dalam menggandengkan masyarakat sekitarnya untuk ikut serta menjalankan bisnis.

Contohnya adalah Uma inovasi, yang digagas anak muda bernama Yanuardi Betra Kurniawan dalam upaya memberdayakan masyarakat. Langkah serupa juga dilakukan Yusuf Ramdani dari Ciamis Jawa Barat yang berhasil memberdayakan petani singkong dari keterpurukan, dan juga upaya Sumaryanto dalam menarik para anak muda pengangguran, bahkan dari kawasan hitam, untuk bangkit memulai usaha bersama.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan merasa bersyukur dan berbangga atas diterimanya penghargaan sebagai Inisiator dan Penggerak KUKM yang diserahkan langsung Menteri Koperasi UKM AAGN Puspayoga. Menurutnya penghargaan ini merupakan bukti dari keberhasilan dalam melakukan pembinaan dan inisiator penggerakn KUKM di Kabupaten Musi Rawas yang selama kepemimpinannya menjadi focus sebagai penggerak ekonomi kerakyatan.

Dirinya mengucapkan terimah kasih kepada Majalah Peluang dan Smesco Indonesia khususnya Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM Kementerian Koperasi dan UKM RI yang telah memberikan kepercayaan atas penghargaan yang diberikan.

Selain itu, Bupati Hendra juga mengucapakan selamat kepada Uma Inovasi Selangit yang juga dianugerahi Smesco Award 2018, dirinya berharap dengan diterimanya peghargaan ini dapat lebih memacu Uma Inovasi Selangit aagar dapat lebih maju dan berkembang serta bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Musi Rawas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb