Program Musi Rawas Menanam Berbuah Penghargaan Proklim MenLHK

Musi Rawas – Program Musi Rawas Menanam yang digelorakan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Rawas berbuah Manis, dimana Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menobatkan Pemimpin Kabupaten Mura ini sebagai Pembina Prrogram Kampung Iklim (Proklim) tahun 2018.

Penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar ini diterima langsung oleh Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan yang diwakili oleh Kepala Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Musi Rawas, Hermain di Auditorium Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Rabu (24/10).

Selain Kabupaten Musi Rawas, pada tahun ini, KLHK memberikan penghargaan ProKlim kepada 10 Pemerintah Daerah Provinsi, dan 41 Kabupaten/Kota yang telah mengeluarkan kebijakan, dan peraturan di Tahun 2018 untuk mendukung pelaksanaan ProKlim di wilayahnya.

Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan disela-sela acara mengaku bangga atas diterimanya penghargaan ini pasalnya penghargaan ini merupakan wujud pengakuan dari Pemerintah Pusat atas program yang telah di laksanakan di daerah.

Diungkapkan Bupati Hendra, untuk mendukung Proklim ini, pihaknya telah banyak membuat program-program dan kebijakan diantaranya Gerakan Musi Rawas Menanam dengan memanfaatkan lahan kosong dan kurang dimanfaatkan untuk ditanam pohon atau tanaman produktif lainnya seperti cabe, palawija dan lainnya.

Dikatakannya, Gerakan Mura menanam ini terus digelorakan karena saat ini populasi pohon sudah mulai berkurang dan pemanasan global sudah terasa dampaknya, dengan program ini diharapkan dapat menambah populasi pohon dan mengurangi dampak pemanasan global.

Selain itu, Bupati meyakini bahwa dengan apa yang ditanam saat ini akan sangat bermanfaat bagi anak cucu atau generasi yang akan datang, karena mereka berhak atas lingkungan yang sehat, hijau dan asri.

Selain itu, dengan memanfaatkan lahan kosong dan terbengkalai dengan ditanam dengan tanaman yang produktif maka hal ini akan dapat membantu pemingkatan perekonomian masyarakat.

Mengakhiri, Bupati mengucapkan terimah kasih kepada seluruh rakyat  dan  unsur pemerintah daerah Kabupaten Musi Rawas yang tetap konsisten dalam menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan di daerah ini sehingga penghargaan ini dapat diraih.

Sementara itu, Menyeri LHK, Siti Nurbaya dalam sambutanya mengucapkan selamat atas penganugerahan penghargaan yang diberikan. Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah Pusat atas apa yang telah di lakukan oleh pemerintah daerah.

Dikatakan Mentri Siti, penanganan perubahan iklim merupakan tugas bersama, yang merupakan salah satu upaya Kementerian LHK yakni mendorong partisipasi aktif masyarakat dan pihak terkait dalam adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, yaitu melalui Program Kampung Iklim (ProKlim).

Tahun ini, KLHK memberikan penghargaan ProKlim kepada 33 lokasi yang memenuhi kriteria sebagai ProKlim Utama dan 1 lokasi ProKlim Lestari.

Ke depan, pemerintah dan pemerintah daerah diharapkan dapat mengintegrasikan perubahan iklim dalam dokumen rencana pembangunan yang komprehensif, dengan mempertimbangkan tingkat kerentanan dan kondisi lokal.

Pada periode tahun 2015-2018 KLHK telah menerima 1.566 pendaftaran ProKlim, dimana 137 diantaranya telah mendapat penghargaan ProKlim. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb