Bupati Musi Rawas Apresiasi “Uma Inovasi” Selangit

MUSI RAWAS – Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan menyampaikan Terima kasih dan bangga dengan inspirasi dan inovasi pemuda yang telah membantu mempromosikan potensi yang ada di daerahnya, dengan menggunakan teknologi yang ada sebagai media untuk mempromosikan produk-produk inovasi, sehingga bisa membuka jalan pemasaran dan memperluas hubungan keluar daerah.

Hal ini disampaikan Bupati Hendra saat menyambangi rumah inovasi yang berada di RT. 09 Kelurahan Selangit Kecamatan Selangit. Selasa, (25/09) bersama Ketua Tim Penggerak PKK Musi Rawas, dr Hj Noviar Marlina Gunawan, Kadiskominfo, M. Rozak, Kadis Perkebunan, Kadispora, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Perikanan, Camat Selangit dan peabat serta ASN dilingkungan Kabupaten Musi Rawas

Rumah inovasi yang diberi nama Uma Inov ini mengelola berbagai macam produk lokal seperti, pendampingan petani karet, pengelolaan dan pemasaran kopi Selangit, budidaya jamur tiram, budidaya ikan lele dan patin, serta pengembangan bank sampah.

Bupati menghimbau kepada pengelola “Uma Inov”, agar menjaga kualitas produk yang dihasilkan, sehingga menjadi produk yang unggul dan dapat bersaing di pasaran.

Bupati juga berharap OPD terkait dapat memperhatikan lembaga dan kelompok UKM yang ingin mengembangkan produk unggul di daerahnya. Karena dengan sinergi seperti ini dapat menambah kuat perekonomian masyarakat.

Rumah inovasi yang diberi nama Uma Inovasi Selangit yang disingkat uma inov, fokus pada pengembangan dan pendampingan petani karet, pengelolaan dan pemasaran kopi Selangit, dan Budidaya Jamur Tiram serta beberapa wadah usaha lainnya ini berada di RT. 09 Kelurahan Selangit Kecamatan Selangit.

Peninjauan ini, sebagai bentuk dukungan Bupati kepada Uma Inov yang akan diikutkan dalam Smesco Award 2018 yang dilaksanakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republlik Indonesia. Dasar mengikutsertakan Uma Inovasi Selangit karena dibangun atas inisiatif Kelompok Tani Harapan Jaya untuk pemberdayaan masyarakat desa terhadap minat wirausaha melalui peranan pemuda.

Camat Selangit, Christiandi Argani sangat senang dengan kunjungan langsung Bupati Musi Rawas ke Uma Inovasi, kehadiran Bupati merupakan semangat baru yang dapat memacu kreativitas para pemuda pengelola Uma Inovasi untuk bisa lebih maju.

Christiandi menyambut positif keberadaan Uma Inovasi Selangit yang ada saat ini, untuk itu ia menganjurkan agar dapat bekerjasama dengan pihak ke 3 untuk pengembangan Uma Inovasi tersebut, dan hal ini sudah direspon dan dilakukan terbukti Umah Inov saat ini sudah mulai dilirik investor untuk dibina dan dikembangkan.

Yanuardi Betra Kurniawan selaku Perwakilan Karang Taruna dan Pengelola Uma Inov menyampaikan, Uma Inovasi Selangit terwujud dari niat dan keinginan pemuda yang tumbuh untuk memajukan daerah, karena melihat potensi yang ada di daerah untuk dapat dikembangkan.

Uma Inov menjadi wadah wirausaha yang fokus pada pemberdayaan masyarakat. Dirinya menambahkan, perlunya dukungan dan bimbingan dari dinas terkait agar Uma Inovasi Selangit dapat berjalan dengan baik.

Selain Uma Inovasi Selangit, UKM lainnya yang akan diajukan untuk memperebutkan penghargaan Smesco Award 2018 ini adalah UKM Kreasi Tas Bambu yang memiliki Bran Produk Rici Handbag di Kecamatan Purwodadi serta beberapa UKM lainnya di Kabupaten Musi Rawas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb