Asisten II Buka Acara Sosialisasi Persandian Kesadaran Pengamanan Informasi 2018

Musi Rawas, – Bupati Musi Rawas yang diwakili Asinten II Bidang Ekonomi dan Pemerintahan Saiful Anwar Ibna membuka langsung acara sosialisasi persandian kesadaran pengamanan informasi tahun 2018, yang diselenggarakan Dinas Kominfo setempat, di Ballroom Hotel Hakmaz Taba Lubuklinggau, Rabu (19/09).

Dalam sambutannya menyampaikan, diharapkan kegiatan sosialisasi ini dapat bermanfaat, terutama dalam bidang persandian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura), guna mewujudkan Mura Sempurna 2021.

Menurutnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini telah berdampak pada perubahan-perubahan yang mendasar yang membawa bangsa Indonesia menuju paradigma baru, memasuki era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

TIK tersebut diarahkan pada ketersediaan jaringan informasi dan data yang menghubungkan instansi pemerintah dalam rangka otomatisasi pelayanan umum. Dan menciptakan pelayanan yang cepat, profesional, transparan, dan lebih mudah yang merupakan harapan dari seluruh masyarakat.

Disampaikannya juga, sebagai bagian dari pelayanan umum, pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan salah satu aktifitas yang sering mendapat sorotan. Beberapa tahun terakhir, permasalahan dalam pengamanan informasi pemerintah mulai berkurang sejak diadakannya sistem Aplikasi Secara Elektronik.

Berkenaan dengan hal tersebut, Lembaga Sandi Negara berbasis Siber terus melakukan pengembangan aplikasi untuk memenuhi tuntutan perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan terkini.

Masih menurutnya, sosialisasi ini merupakan kegiatan yang sangat baik guna menginformasikan hal-hal terbaru dan perlu diketahui peserta, seperti kebijakan atau peraturan Perundang-undangan serta penjelasan lainnya yang diperlukan terkait dengan Siber.

Selain itu juga bertujuan untuk mengenal aplikasi siber Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam penganan informasi di lingkungan pemerintahan. Sehingga tercapainya sistem keamanan pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Mura.

Dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan belanja pembangunan, guna percepatan pelaksanaan di Kabupaten Musi Rawas. Serta dapat menjamin pengamanan tersedianya informasi, kesempatan usaha dan mendorong terjadinya persaingan yang sehat.

Sebelum menutup sambutannya dirinya berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga dapat memahami materi yang disampaikan, pungkasnya. (And)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb