Inilah 682 Koperasi Terdaftar Badan Hukum di Pemkab Mura

Musi Rawas – Koperasi di Kabupaten Musi Rawas (Mura) saat ini, yang badan hukumnya terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM setempat sebanyak 682, di 14 Kecamatan dan perkantoran Pemkab Mura.

Dari 682 koperasi tadi terdiri dari 93 Koperasi Unit Desa (KUD), 35 Koperasi Pegawai Negeri atau KPN, 304 Koperasi Serba Usaha (KSU), 9 Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren), 41 Koperasi Pertanian (Koptan), 26 Koperasi Wanita (Kopwan), 7 Koperasi Perkebunan (Kopbun), 23 Koperasi Usaha bersama (Kube), 39 Koperasi Simpan Pinjam (KSP), 5 Koperasi Karyawan (Kopkar), 4 Koperasi Peternakan (Kopnak), dan lain-lain.

Lain-lain tadi dikarenakan pembentukannya berdasarkan Undang-undaang Nomor 17 tahun 2012, terdiri dari Koperasi Produsen, Konsumen, Jasa dan Pemasaran sebanyak 96 koperasi. Jadi jumlah keseluruhannya 682 koperasi yang terdata di Dinas Koperasi UKM Mura.

Cuma tidak menutup kemungkinan, ada pembentukan koperasi baru yang diajukan dari masyarakat, dan kemungkinan juga ada kebijakan dari Kementerian Koperasi untuk pembubaran koperasi oleh pemerintah, seperti tahun kemarin ada 83 koperasi yang dibubarkan. Mungkin juga setiap tahunnya bisa berubah jumlahnya.

Sedangkan syarat umumnya untuk mendirikan koperasi minimal beranggotakan 20 orang, yang nantinya akan tercoper di akte pendirian koperasi yang dibuat oleh notaris.

Sementara jika selama dua tahun berturut-turut tidak menyampaikan laporan baik usaha dan lembaganya menjadi pertimbangan pemerintah. Dan untuk pembubaran koperasi, kewenangannya dari Kementerian.

Diharapkan, dari 682 koperasi tadi bisa aktif baik usaha dan kelembagaannya. Selain itu, harus menyampaikan laporannya ke Dinas Koperasi Kabupaten Musi Rawas, minimal, satu kali dalam satu tahun berupa laporan rapat anggota tahunan sesuai dengan Undang-undang Nomor 25 tahun 1992 pasal 26.

Untuk Koperasi Primer laporan itu disampaikan paling lambat sampai dengan maret tahun berikutnya setelah tutup buku. Dan Koperasi Sekunder paling lambat akhir juni tahun berikutnya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Musi Rawas melalui Kasi Badan Hukum dan Organisasi Koperasi, Fikriyansyah saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (05/9). (Andi/mmr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb