Minim Fasilitas, Sulit Tingkatkan Pengunjung Gua Putri

BATURAJA – Objek wisata alam Gua Putri yang terletak di desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) minim fasilitas permainan. Dampaknya objek wisata terkenal dengan legenda kisah putri dayang merindu dan serunting sakti inipun sepi pengunjung.

Hal ini diakui oleh, Kordinator Pengelola Gua Putri, Sarip Doman saat dibincangi wartawan belum lama ini.

Ia menjelaskan, menjelaskan ke depan perlu ada penambahan fasilitas di objek wisata Gua Putri. Khususnya wahana pendukung atau wahana permainan yang dapat dinikmati pengunjung.

“Banyak pengunjung bertanya kenapa tidak ada wahana hiburan yang bisa mendukung, fasilitas di gua putri,” ucapnya.

Fasilitas penunjang itu seperti, wahana bermain dan permainan anak, permainan outbound, dan juga shelter diperbanyak. Sehingga objek wisata Gua Putri bisa lebih menarik, dan banyak pengunjung.

“Jadi pengunjung tidak terpaku hanya masuk ke dalam gua saja,” katanya.

Selain itu perlu ada cottage atau tempat menginap yang lebih memadai. Karena pernah ada rombongan yang rencana melaksanakan acara dan menginap, di gua putri.  Karena minim pasilitas tempat menginap kata Sarip, kegkatan itu dialihkan ke daerah lain.

“Batal karena tidak ada lokasi menginap yang dapat menampung lebih banyak pengunjung. Di sini hanya ada 1, paling bisa menampung 5-6 pengunjung,” ceritanya.

Disinggung mengenai target pengunjung kata dia, sekitar 150 orang pengunjung per bulan. Target ini pun sulit untuk tercapai.

Terpisah Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar), Kab OKU, Paisol Ibrahim menjelaskan, pihaknya sinergi dengan Dinas Perkim OKU, ke depan akan melakukan perbaikan inafrastruktur atau penataan lingkungam termasuk dengan pagar yang ada di dalam gua putri.

“Dalam tahun ini ada talut akan diperbaiki. Termasuk juga akan melakukan penambahan gajebo atau tempat peristirahatan bagi pengunjung,” katanya.

Sumber : beritatotal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb