Study Wawasan FKUB Musi Rawas ke Manado

MANADO – Untuk meningkatkan toleransi kerukunan umat beragama, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumsel melakukan Study Wawasan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (01/08).

Kunjungan ini disambut oleh Walikota Manado, GS. Vicky Lementut. Kaban Kesbangpol Hanny D. Solang dan Anggota FKUB Manado di Kantor Walikota.

Walikota Manado mengucapkan terima kasih dan sangat bangga atas kunjungan FKUB Musi Rawas.

Walikota menyampaikan bahwa selama ini Pemkot Manado perhatian terhadap pembinaan kerukunan umat beragama. Kepada FKUB diberikan untuk membantu menyelesaikan berbagai konflik yg terjadi di tengah masyarakat melalui musyawarah.

“Selain itu FKUB juga diberikan kewenangan untuk mengeluarkan rekomendasi izin pembangunan rumah ibadah tentunya setelah melalui berbagai tahapan,” ungkap Walikota.

Pemkot Manado, lanjut Walikota juga memberikan dana hibah kepada FKUB yang digunakan antara lain untuk : Bantuan pendirian rumah ibadah, sebagai operasional Safari Ramadhan dan Safari Natal, insentif anggota dan rapat rapat di FKUB.

Diakhir sambutannya Walikota berharap anggota FKUB Manado bisa melakukan kunjungan balasan ke Kabupaten Musi Rawas.

Wakil Bupati Musi Rawas, Hj. Suwarti mengapresiasi Pemkot Manado dalam membina kerukunan umat beragama dan semoga kedepan semakin baik lagi.

“Tentunya ini nanti bisa dilakukan di Kabupaten Musi Rawas. Saat ini sesama anggota FKUB selalu koordinasi, apalagi dalam menjalankan program rutin yang sudah teragenda.

Diantara bentuk toleransi yang sudah kami lakukan selama ini yakni menghadiri acara peringatan hari besar keagamaan dan menjaga keamanan disaat peringatan hari besar tersebut.

Kunjungan Wakil Bupati ini bersama beberapa pejabat dilingkungan Pemkab Musi Rawas dan anggota FKUB. Pejabat tersebut diantaranya : David Pulung (staf ahli bidang Politik Hukum dan Pemerintahan), H. Amra Muslimin (Kaban Kesbangpol), H. Hermadi (Kepala Kemenag Kabupaten Musi Rawas).

Kemudian, P. Silitonga (Kabid di Kominfo), Efran Sutanto (Kasubbid Ketahanan Ekonomi, Seni Budaya Agama dan Kemasyarakatan Kesbangpol).

Sedangkan dari FKUB yakni, KH. Misbahul Arifin (Ketua FKUB), KH. Usman Syafei (Wakil Ketua FKUB), Mirza (Sekretaris FKUB).

Munir Fatoni (Wakil Sekretaris FKUB), Robbi Polii (anggota FKUB dari Protestan). Suharto (anggota FKUB dari Katholik)
Wayan Sukli (anggota FKUB dari Hindu)

Diakhir acara tersebut dilakukan pemberian cindera mata antara Pemkab Musi Rawas dengan Pemkot Manado, dan antara FKUB Musi Rawas dengan FKUB Kota manado.

Setelah makan siang dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke rumah ibadah di Kelurahan Molas, Kecamatan Bunaken Kota Manado. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb