Pemkab Musi Rawas Gelar Sosialisasi dan Pelatihan siMAYA

MUSIRAWAS- Guna mengoptimalkan penerapan sistem aplikasi persuratan yang dikenal si MAYA dilingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, Dinas Komunikasi dan Informatika setempat menggelar sosialisasi dan pelatihan penerapan administrasi perkantoran berbasis web melalui aplikasi si MAYA versi 5.0.

Kegiatan dilaksanakan di gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Musi Rawas itu dibuka Bupati Musi Rawas diwakili Kadiskominfo dan Informatika Mura Muhammad Rozak, Selasa (31/7).

Dalam sosialisasi dan pelatihan ini, Diskominfo dan statistik Mura mendatangkan nara sumber dari Kementerian Kominfo yakni Kasubdit Aplikasi Layanan Pemerintahan Direktorat e Goverment, Hasyim Gautama.Sementara peserta sebanyak 61 perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan diwakili Kadiskominfo Mura Muhammad Rozak dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan sosialisasi dan pelatihan ini.

Dikatakan dia, aplikasi si MAYA ini merupakan aplikasi perkantoran berbasis Web atau awan. Melalui aplikasi ini kata Rozak, proses managemen persuratan dilakukan secara otomatis, sehingga memudahkan dalam proses administrasinya, pencarian dan pengarsipan.

Dikatakan Rozak, Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas elektronik di Lingkungan Instansi Pemerintah, dan Perbup Musi Rawas nomor 27 Tahun 2017 tentang pedoman umum tata naskah dinas elektronik di lingkungan Kabupaten Musi Rawas. Salah satu upaya dalam mewujudkan pemerintahan yang baik ( good government) jelasnya, yakni menerapkan dan mengembangkan kepemerintahan elektronik ( e govermance), antara lain melalui penerapan tata naskah dinas elektronik.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Direktorat e Government telah mengembangkan aplikasi perkantoran yang diberi nama si MAYA yang dapat dimanfaatkan instansi pemerintah daerah secara gratis.

Dikatakannya, pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan penerapan administrasi perkantoran berbasis Web atau awan melalui aplikasi si MAYA dilingkungan Pemkab Musi Rawas ini, bermanfaat untuk mempercepat proses pengambilan keputusan maupun pemberian pelayanan publik tanpa harus berada di kantor.

Sebab jelasnya, si MAYA dapat diakses dimana saja, meskipun pimpinan tidak ada di tempat dan tanpa memberikan disposisi kepada pejabat yang ditunjuk. Karena semua pejabat diberikan akun si MAYA, sehingga meningkatkan efektifitas kerja terutama menyangkut pendistribusian serta menghindari atau hilangnya surat.

“Selain itu pengiriman dan pengecekan sudah sampai sejauh mana proses surat itu dapat dilakukan setiap saat, tanpa harus mendatangi instansi yang menjadi tujuan surat, bisa ramah lingkungan dan mencapai apa yang disebut go green office,” katanya.

Sebab jelas Rozak, melalui aplikasi ini bisa mengurangi pemanfaatan kertas serta mengurangi tumpukan – tumpukan arsip yang sudah tidak dimanfaatkan.

Diakhir sambutannya, Dia berharap melalui sosialisasi dan pelatihan si MAYA ini dapat memberikan wawasan baru kepada peserta pelatihan, sehingga dapat diaplikasikan secara nyata dalam tugas sehari – hari di lingkungan OPD masing – masing.(MS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb