Potensi Wisata Curug Panjang Dikembangkan

Musi Rawas – Kabupaten Musi Rawas kaya akan potensi Sumber Daya Alam. Salah satu potensi itu adalah Obyek Wisata Alam, jika dikembangkan dan dipromosikan maka akan menjadi salah satu tujuan wisata andalan yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan, Sabtu (14/07/2018) saat mengunjungi Obyek Wisata Curug Panjang, Desa Durian Remuk, Kecamatan Muara Beliti, Musi Rawas sekaligus membuka kegiatan ekspedisi desa yang dilaksanakan oleh tim relawan bersama karang taruna desa setempat.

Bupati didampingi istri yang juga Ketua TP PKK Musi Rawas dr Hj Noviar Marlina Gunawan beserta OPD Mura disambut hangat oleh Camat Muara Beliti, Kepala Desa, Pemuda dan masyarakat serta usai membuka acara ekspedisi desa langsung meninjau obyek wisata curug tinggi.

Setelah meninjau dan melihat langsung potensi wisata, Bupati berkeyakinan jika wisata ini dikembangkan dan dikelola dengan baik oleh karang taruna dan pemerintah setempat maka curug tinggi ini akan menjadi salah satu primadona wisatawan. selain jarak tempuh yang singkat dari ibukota juga memiliki panorama yang sangat eksotik dan alami.

Dikatakan Bupati, wisata alam merupakan salah satu daya tarik wisata daerah, nasional maupun manca negara dalam bentuk sumberdaya alam maupun budaya. Untuk itu, bupati mengintruksikan kepada OPD terkait agar melakukan perencanaan pengembangan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, sehingga obyek wisata ini dapat menjadi salah satu destinasi unggulan di daerah ini.

Ketua Tim Ekspedisi Desa, Ayub Saputra kepada Bupati menyampaikan kegiatan Ekspedisi Desa yang mereka laksanakan melibatkan 30 relawan dari berbagai lapisan dan daerah. kegiatan ini berkalaborasi dengan Karang Taruna dan Pemdes Durian Remuk.

Tujuan dari kegiatan ini, lanjut Ayub untuk melakukan pemetaan desa sehingga pada akhirnya akan menghasilkan data desa yang lebih komprehensif dan teraktual yang selanjutnya akan dipilah dan dianalisa sesuai dengan bidang masing masing seperti Potensi Wisata, Budaya, Perekonomian, Sosial dan lainnya.

Kegiatan Ekspedisi Desa ini dititik beratkan kepada pola pendampingan kepada pemuda khususnya karang taruna dalam mengelola potensi desa yang ada khususnya Obyek Wisata Curug Tinggi. Timnya juga akan membuat visualisasi dan informasi obyek wisata yang selanjutnya akan di promosikan melalui medsos, media dan website.

Dilanjukan Ayub, tim Ekspedisi desa ini dibangun atas dasar kesadaran pemuda untuk ikut dalam membangun dan memajukan daerah. dirinya mengungkapkan keberhasilan ekpedisi ini sangat diperlukan kolaborasi antara pemuda kota dengan pemuda desa. Sebagai jembatan bertukar ide dan mencari potensi serta solusi untuk memajukan desa.

Kepala Desa Durian Remuk Surya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Musi Rawas beserta rombongan yang akan menjadikan obyek wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata. Masyarakat sudah sangat menantikan hal ini dan pihaknya siap bergotong royong untuk mengembangkan obyek wisata ini.

Kepada tim gerakan pemuda ekspedisi desa, lanjut kades, pihaknya mengucapkan terimah kasih karena telah melakukan pendampingan kepada karang taruna dan menggali potensi desa khususnya telah membantu mengekspos potensi alam yang ada di Desa Durian Remuk.

Bupati Musi rawas H. Hendra Gunawan sangat senang dengan adanya gerakan pemuda ekspedisi desa ini dapat membantu daerah, terutama membantu desa dalam menggali potensi yang ada di desa tersebut. Beliau berharap seluruh OPD, Perangkat desa dan organisasi lainnya dapat ikut serta dalam membangun daerahnya, dan saling berkolaborasi menggali potensi yang ada di desanya masing-masing.

Mengakhiri, Bupati mengharapkan kepada seluruh element masyarakat untuk saling menjaga alam dan fasilitas yang ada, salah satunya air terjun curug panjang Desa Durian Remuk sebagai wisata alam yang berpotensi untuk dikembangkan dan menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Musi Rawas.

Pembukaan Kegiatan Ekspedisi Desa yang dilaksanakan selama dua hari (14-15/07/2018) ini ditandai dengan “Belah Duren” oleh Bupati Musi Rawas, Ketua TP PKK Mura, Camat Muara Beliti, Kades Durian Remuk, Kepala OPD dan Tokoh Masyarakat setempat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb