Proyek Siluman Disdukcapil Mura

Musi Rawas – Rehab gedung kantor di loket pendaftaran dan ruang tunggu pembuatan Akte, KK dan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Musi Rawas terkesan ditutup-tutupi alias kegiatan siluman.

Padahal, rehab gedung kantor tersebut berkenaan langsung dengan pelayanan terhadap masyarakat. Informasi sementara, rehab gedung kantor menelan biaya yang cukup fantastis, yakni sebesar Rp. 280 juta. Sayangnya, tidak ada pemasangan papan merk di lokasi pengerjaan.

Hal ini, tidak sejalan dengan upaya Pemkab Musi Rawas yang tengah gencar-gencarnya menggalakan pemerintahan yang bersih dan transparansi terhadap kegiatan yang menggunakan dana pemerintah.

Kepala Disdukcapil Musi Rawas, Y. Mori dikonfirmasi via sms. Rabu, (30/5), hanya diminta menemui Sekretarisnya.

“Temui Pak Sekretaris dan Joni,” balas sms Y. Mori.

Selanjutnya wartawan berupaya konfirmasi Sekretaris Disdukcapil, Tanang dan didampingi bagian perencanaan, Joni sesuai dengan petunjuk SMS dari Kepala Disdukcapil, Y. Mori.

Saat ditanyakan keberadaan rehab gedung kantor, menurut Sekretaris Disdukcapil, Tanang dirinya enggan berkomentar.

“No comment. Kalau ditanyakan sama saya tentang rehab gedung kantor di loket pendaftaran pembuatan Akte, KK dan KTP, saya hanya bisa jawab no comment dan untuk lebih jelasnya sama kadis atau pptknya langsung, nanti saya salah memberikan penjelasan,” jelas Tanang.

Sementara itu, Bagian Perencanaan Disdukcapil, Joni menjelaskan bahwa proyek rehab gedung kantor di loket pembuatan Akte, KK dan KTP pagu anggarannya sebesar Rp. 280 juta menggunakan dana APBD Musirawas tahun anggaran 2018.

“Dana rehab gedung kantor dengan pagu anggaran sebesar Rp. 280 juta dan APBD Musi Rawas tahun 2018,” jelasnya.

Dan diakuinya, untuk tidak adanya papan merk kegiatan bukan kewenangan perencana, itu kewenangan PPTK dan pejabat pembuat komitmen (PPK).

“Masalah papan merk kegiatan bukan kewenangan perencanaan. Itu kewenangan PPTK dan PPK untuk memberi teguran sama rekanan,” pungkasnya.

Sekedar informasi, rekanan yang mengerjakan kegiatan ini, yakni CV. Y Brothers.

Sumber : Databicara.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb