Bupati Sebar Virus Cinta Lingkungan

MUSI RAWAS – Sebagai persiapan mengikuti  peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang akan dilaksanakan ditingkat Provinsi Sumatera Selatan pada Bulan Agustus mendatang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Musi Rawas mengadakan berbagai perlombaan, yang dilaksanakan di halaman kantor (DLH) Mura. Lomba yang digelar adalah Lomba Daur Ulang Sampah, Lomba Lukis dan Lomba Photo Lingkungan, tingkat SD,SMP dan SMA se Kab.Musirawas. Selasa (8/5/18)

Bupati Musi Rawas menyampaikan, setiap tahun kita harus pasang target untuk meningkatkan semua kualitas baik pelayanan ataupun kinerja sehingga harapan kita semua Kabupaten Musi Rawas akan sejajar dengan dengan daerah lainnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru di 14 Kecamatan atas partisipasinya dengan mengirim putra dan putri baik dari tingkat SD, SMP dan SMA untuk bersama-sama memeriahkan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan mengikuti setiap perlombaan yang diadakan oleh DLH.

Mari kita bersama-sama sebar Virus kepada semua orang untuk lebih mencintai lingkungan mulai dari anak-anak usia dini sampai dengan pelaku usaha, karena sama-sama kita ketahui jaman sekarang ada orang yang berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki ataupun mempertahankan kelesetarian lingkungan tapi lebih banyak juga orang-orang yang akan berusaha merusak lingkungan yang ada,” katanya.

Bupati juga sampaikan kita semua akan berdosa apabila nanti kedepan mewariskan lingkungan yang sudah rusak ini kepada anak cucu kita.

“Mari kita manfaatkan tiap jengkal tanah yang ada untuk kita tanam tumbuh, tidak hanya tanaman buah, apapun bisa kita tanam asalkan nantinya akan turut menyumbangkan O2 yang sekarang sudah sangat kurang sekali, baik itu tanah yang ada disekolah-sekolah ataupun tanah pekarangan yang ada dirumah dan dipinggiran jalan.

Sementara, Hermeruddin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas menyampaikan  adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai langkah awal menanamkan sejak dini kepada anak untuk mencintai lingkungan.

“Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sejak dini, di mulai dari Taman Kanak – Kanak (TK) ataupun sederajat, karena melestarikan lingkungan hidup ini bukan saja tanggung jawab pemerintah tapi tanggung jawab dari semua pihak termasuk pelaku usaha,” ujarnya

Lanjut dia, jika sejak dini kecintaan anak  terhadap lingkungan sudah kita tanamkan, tentunya dimasa yang akan datang  akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

Dirinya menambahkan dalam pelaksanaan kegiatan ini DLH sudah menunjuk  dewan juri yang akan menilai perlombaan diantaranya dari Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, penggerak PKK Musi Rawas, serta dari seniman.

“Peserta lomba daur ulang sampah dan lomba fhoto lingkungan sebanyak 100 peserta dari tingkat SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Mura, untuk lomba lukis tidak kami batasi. Setelah lomba ini, yang berhasil mendapatkan juara akan kita utus ke tingkat provinsi bahkan nasional, untuk mewakili Kab.Musirawas,” ujarnya.

Hermeruddin juga melaporkan sudah banyak  kegiatan yang telah di laksanakan DLH dari tahun 2017 hingga 2018 yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan, salah satunya gerakan Musi Rawas Menanam.

“Dengan Gerakan Mura Sempurna Menanam di tahun 2017 yang lalu, 35000 bibit yang tertanam dari tahun ini mulai dari mulai Februari sampai dengan April tertanam 8500 dari target 10.000, ” kami tidak banyak bicara tapi banyak bekerja” katanya.

“Tidak itu saja DLH juga  telah melakukan gerakan go greend, rumah hijau, sosialisasi kampung hijau, sosialisasi bank sampah sudah di tingkatkan, laboratorium sudah berjalan, namun untuk mewujudkan pelestarian lingkungan di Musi Rawas, dirinya meminta dukungan dan partisipasi steakholder yang ada,” pintanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb