Tingkatkan Minat Baca, Gernas Baku Resmi di Launching

MUSI RAWAS – Guna mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan secara resmi Melaunching Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) di Sekolah Dasar (SD) Transabangdep, Desa Megang Sakti III, Kecamatan Megang Sakti, Sabtu (5/5/2018).

Diungkapkan Bupati, dengan di launchingnya Gernas Baku ini, diharapkan para orang tua dapat lebih sering meluangkan waktunya untuk membacakan buku bagi anak mereka dan memiliki peran dilembaga PAUD, sehingga kedepannya terbentuk perpustakaan di lembaga-lembaga PAUD yang dikelola lagsung oleh orang tua siswa.

Gerakan ini bertujuan untuk membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak-anak mereka. Mempererat hubungan sosial – emosional antara anak dan orang tua serta menumbuh kembangkan minat baca anak sejak dini.

Melalui gerakan ini, Bupati meminta orang tua murid PAUD dan SD dapat lebih peduli terhadap aktifitas pendidikan anak khususnya kebiasaan membaca buku sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kecerdasan anak serta pada akhirnya nanti dapat menghasilkan generasi penerus yang lebih baik dimasa yang akan datang
Menghadapi kehidupan yang modern, Bupati mengatakan banyak hambatan dan tantangan yang ada didepan mata dimana siswa dihadapkan berkembangnya technology dan informasi yang tiada batas, yang pada akhirnya sebagian waktu anak dihabiskan dengan menonton menonton TV dan Gatget. Untuk itu, Bupati berharap agar orang tua dapat mendampingi anak seperti membantu anak mengerjakan tugas tugasnya dirumah, sehingga anak akan termotivasi dan muncul kesadaran bahwa membaca buku itu sangat penting.

Mengakhiri, Bupati berharap peran orang tua kedepan dapat di tingkatkan dalam mendidik anak yang lebih baik, karena mendidik anak bukan hanya tanggung jawab sekolah, namun lebih kepada peranan orang tua.

Hadir dalam Gerakan Nasional ini, Ketua TP PKK Mura dr Hj Noviar Marlina Gunawan, Kepala Dinas Pendidikan Mura, Camat Kecamatan Megang Sakti, Polsek Megang Sakti , Para Guru dan Wali Murid, serta sejumlah instansi terkait lainnya serta orang tua siswa PAUD dan SD. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb