Wabup Lepas Outbond Training Kades dan Ketua BPD se-Musi Rawas ke Danau Gegas

MUSIRAWAS- Kades dan ketua BPD se Kabupaten Musi Rawas mengikuti Outbond training selama dua malam satu hari, Jum’at – Sabtu (4-5/05), di Danau Gegas Desa Sugihwaras, Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas.

Pembukaan sekaligus pelepasan peserta Outbond training bagi Kades dan ketua BPD ini dilakukan oleh Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti di depan kantor Bupatj Musi Rawas ,Muara Beliti Kabulaten Musj Rawas, Jum’at (04/05).

Dikatakan Suwarti saat pembukaan sekaligus pelepasan peserta, Outbond Training ini merupakan bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan semangat kebersamaan juga pendekatan yang unik, sederhana tapi efektif. Sebab pelatihan ini tidak sarat dengan teori – teori tapi langsung diterapkan pada elemen – elemen mendasar bersifat sehari-hari.

Misalnya lanjut Suwarti, seperti saling percaya, saling memperhatikan sikap proaktif dan komunikatif.

Suwarti menambahkan, dimensi alam sebagai objek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasikkan dengan berbagai metodenya.

“Outbond Training ini diartikan sebagai bentuk kerjasama yang merupakan suatu hal yang mutlak diperlukan dalam pencapaian tujuan,”katanya.

Tujuan dilaksanakan Outbond Training ini jelas Suwarti, agar Kades dan ketua BPD mampu meningkatkan kerjasama dan sinergisitas dalam menyelenggarakan pemerintahan di tingkat desa, dalam rangka menjalankan amanat UU nomor 6 tahun 2016 tentang desa dan pencapaian tujuan pembangunan daerah dan nasional.Selain itu untuk mewujudkan tatakelola pemerintahan desa yang demokratis (democratic village govermance).

Dengan tujuan itu kata Suwarti, diharapkan adanya peningkatan kapasitas pemerintahan desa dalam perumusan dan penyusunan RPJMDes, RKPDes, RAPBDes, Perdes.Selain itu jelasnya, adanya peningkatan kapasitas desa dalam mendorong perekonomian desa melalui pembentukan BUMDes.

“Untuk itu pelayanan pemerintahan desa harus lebih optimal, karena berkaitan dengan hak-hak masyarakat memperoleh pelayanan sebaik – baiknya dari pemerintah,” kata Suwarti.

Suwarti juga mengatakan kegiatan ini sangat penting bagi peserta dalam rangka menciptakan pemimpin yang profesionalisme, sehingga mampu menyelesaikan konflik internal yang ada ditempat tugasnya.Selain itu dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas dilingkungan unit kerja masing-masing dengan penuh tanggung jawab yang didasarkan pada keahliannya dan merupakan proses dalam membentuk etos kerja positif, membangun pribadi tangguh dengan karakter kepemimpinan.

Setelah kegiatan Outbond ini, diharapkan peserta dapat lebih profesionalisme dan mampu melaksanakan tugasnya secara efektif, cepat dan efisien dalam tim kerja untuk mewujudkan Musi Rawas yang Sempurna.

Sementara Kepala Dinas PMPD Musi Rawas Mefta Joni mengatakan, Outbond Training ini diikuti 372 peserta terdiri dari Kades, ketua BPD dan 14 camat.

“Kegiatan akan berlangsung selama dua malam dan satu hari dipusatkan di Danau Gegas, Desa Sugihwaras, Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musj Rawas,” katanya.(MS)

Editor : F Anwar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb