KPU Mura Resmikan Rumah Pintar Pemilu

MUSIRAWAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas meresmikan Rumah Pintar Pemilu dan pagelaran seni budaya, Sabtu (21/04).

Ketua KPU Musi Rawas Ach Zaen saat menyampaikan sambutannya mengatakan, pagelaran seni budaya ini diselenggarakan dalam rangka menyongsong satu tahun pelaksanaan Pemilu 2019.

Dia mengaku gembira dan bangga atas antusias masyarakat menyaksikan pagelaran seni yang diselenggarakan pihaknya.

“Pagelaran seni budaya ini merupakan salah satu cara dalam pelestarian budaya kita sendiri.Lewat budaya seni inilah kita ada, dan lewat seni budaya juga kita bisa menunjukan jati diri kita, “katanya.

Untuk itu jelas Zaen, pelaksanaan acara ini sengaja dikemas dalam semangat demokrasi pemilihan DPR, DPD dan DPRD tahun 2019 yang akan datang, selain melestarikan dan mengembangkan seni budaya berupa seni tari yang ada di Kabupaten Musi Rawas.

Sementara rumah pintar pemilu jelas Zaen, merupakan media sosialisasi dan edukasi kepada pra pemilih, pemilih pemula dan masyarakat umum dalam berdemokrasi. Rumah pintar pemilu ini tersedia untuk umum serta disediakan buku buku tentang demokrasi, politik dan kepemiluan.

“Rumah pintar pemilu yang baru diresmikan ini diharapkan bisa menjadi pusat dokumentasi penyelenggaraan pemilu, sehingga masyarakat bisa melihat sejarah pemilu dan belajar tentang kepemiluan dan demokrasi dalam pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019 mendatang,” katanya.

Dia juga menargetkan partisipasi pemilih di Kabupaten Musi Rawas mencapai 80 persen menggunakan hak pilihnya.

Sementara Bupati Musi Rawas melalui staf ahli bupati bidang pemerintahan hukum dan politik Amra Muslimin, mengatakan, konsep rumah pintar pemilu ini sebagai media edukasi dan sangat penting guna menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat umum.

Rumah pintar pemilu ini diharapkan dapat membentuk generasi bangsa yang mampu menerjemahkan nilai demokrasi sesuai khittahnya. Generasi inilah yang selain dapat menjadi pemilih cerdas, juga dapat menjadi pemimpin yang berkualitas dan melahirkan kebijakan yang memihak pada tujuan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan itu, bupati juga berharap kepada KPU Musi Rawas, setidaknya harus disediakan materi materi kepemiluan dan demokrasi sebagai bahan pendidikan pemilih.

Dia menambahkan, rumah pintar pemilu ini tidak akan berjalan maksimal tanpa dukungan kita semua. Sebab pemahaman kepada masyarakat merupakan target (output) yang harus dapat terwujud secara berkesinambungan untuk menciptakan pemilih yang cerdas dalam pemilu dan berdemokrasi.

“Untuk mewujudkan itu rumah pintar pemilu harus dirancang dengan optimal. KPU Di setiap jenjang harus Pro aktif dalam mengembangkan aktivitas di dalamnya,” kata dia.

Hadir pada kegiatan yang menampilkan beberapa penampilan seni tari daerah dan antraksi theater itu, perwakilan Dandim 0406, perwakilan Kapolres Musi Rawas, perwakilan seluruh Parpol peserta pemilu, ketua dan anggota PPK se Kabupaten Musi Rawas. Peresmian rumah pintar pemilu ditandai pengguntingan pita oleh Bupati Musi Rawas.(firman–IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb