Kapolres Terjunkan Anggota Imbau Masyarakat Waspada Paham Radikalisme

MUSIRAWAS- Saat ini bahaya radikalisme dan terorisme di Indonesia sudah semakin tampak.

Meskipun Indonesia terletak jauh dari Timur Tengah, namun negara ini sudah sering mengalami serangkaian aksi radikalisme dan terorisme yang menewaskan lebih dari ratusan orang.

Sebut saja peristiwa yang bisa dikatakan belum lama terjadi, Tragedi Bom Panci dan Bom Kampung Melayu pada 2017 lalu.

Radikalisme adalah suatu sikap mendambakan perubahan secara total dan bersifat revolusioner dengan menjungkirbalikkan nilai-nilai yang ada secara dratis lewat kekerasan dan aksi-aksi yang ekstrem.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Musi Rawas AKBP Bayu Dewantoro, memerintahkan personelnya untuk langsung terjun ke masyarakat agar memberikan imbauan tentang paham Radikalisme dan Paham Terorisme.

Dikatakan Kapolres, seperti dikutip dari Pensat Divisi Humas Polri ada beberapa penyebab berkembangnya Radikalisme dan Terorisme diantaranya yaitu tingkat kemiskinan, pemasalahan keadilan, rendahnya tingkat pendidikan masyarakat, pemahaman yang sempit terhadap agama yang dianutnya, pahami konsep mati syahid, jihad, dan kafir secara benar dan ingin mendirikan ideologi negara agama.

Selain itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah paham radikalisme dan terorisme yang berkembang dimasyarakat antara lain yaitu memperkenalkan ilmu pengetahuan, memberikan pemahaman keilmuan yang benar, berikan pemahaman yang benar tentang nilai-nilai Pancasila, meminimalisir kesenjangan sosial, menjaga persatuan dan kesatuan, mendukung aksi perdamaian dan berperan aktif mencegah masuknya paham radikalisme dan terorisme.

Seperti yang dilakukan oleh Kanit Binmas Polsek Rawas Ilir Bripka Anizar Rambang dan Bhabinkamtibmas Polsek Rawas Ilir Brigpol M. Ainul Yaqin melaksanakan kegiatan sambang dan memberikan imbauan tentang paham radikalisme dan untuk tidak mudah percaya dengan berita hoax yang ada di media sosial kepada masyarakat Desa Mekar Sari Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Muratara (12/04).

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari dengan cara door to door dengan mendatangi masyarakat yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Rawas Ilir Brigpol M. Aniul Yaqin.(rilis Humas Polres Mura)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb