Tak Sanggup Garap Kasus Century, KPK di Imbau Serahkan Kejaksaan

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai masih mejalankan praktik pilih tebang dalam pemberantasan korupsi. Kasus besar Bank Century adalah bukti nyata, betapa KPK hanya memperhatikan kasus-kasus kecil. Bila tak sanggup menyelesaikan kasus Century, KPK diimbau menyerahkan berkas kasus ini ke kejaksaan atau kepolisian.

Inilah penegasan Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu di sela-sela rapat kerja Komisi III DPR dengan Menkum HAM di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Pernyataan Masinton ini merespon Keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memerintahkan KPK melanjutkan penyidikan kasus Bank Century. “KPK masih pilih tebang. KPK cuma jago terhadap kasus-kasus kecil. Pada kasus-kasus besar dimangkrakkan, baik Century dan Pelindo II,” tegasnya.

Menurut mantan Anggota Pansus Angket KPK ini, perintah PN Jakarta Selatan itu sekali lagi mempertegas dan mengkonfirmasi bahwa praktik pemberantasan korupsi masih pilih-pilih. lalu ditebang. “Putusan itu jelas memberi perintah kepada KPK untuk menindaklanjuti kasus Century. Kalau KPK tidak mampu, serahkan ke aparat penegak hukum lainnya, kejaksaan maupun kepolisian,” serunya.

Ditambahkan politisi PDI Perjuangan ini, ranah penegakan hukum bukan hanya monopoli KPK. Masih ada kejaksaan dan kepolisian yang siap bekerja bila KPK tak sanggup menyidik kasus-kasus besar. “Lempar handuk saja kalau tidak mampu. Jangan ditahan-tahan seperti selama ini,” ucap Masinton lagi. (mh/sc–DPR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb