Komisi IV Pertanyakan Sinergitas BRG Cegah Kebakaran Hutan

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Michael Waitimena mempertanyakan sinergitas dan efektivitas Badan Restorasi Gambut (BRG) dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan, mengingat kelembagaan BRG tidak sampai kepada Kabupaten dan Provinsi.

“Bagaimana bisa membangun sinergitas, dan bisa efektif, jika BRG tidak punya kaki tangan di bawahnya. Ada sebuah keraguan dari sinergitas dan efektivitas dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan gambut mengingat kelembagaan BRG tidak sampai pada tingkat kabupaten dan provinsi,” ungkap Michael saat memimpin Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPR dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Badan Restorasi Gambut (BRG) di ruang rapat Komisi IV DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (03/4/2018).

Pada kesempatan itu Michael juga mempertanyakan belum adanya sentuhan dari KLHK dan BRG pada hutan dan lahan gambut di Papua. Hal ini apakah karena tingkat kerusakan dan kebakaran hutan dan lahan gambut di sana masih sedikit. Namun, sejatinya menurut politisi Partai Demokrat ini, mencegah lebih baik daripada mengobati. Artinya tindakan preventif (pencegahan) harus dilakukan terhadap hutan dan lahan di Papua.

“Papua merupakan jantung dan paru-paru dunia. Hutan dan potensinya yang begitu besar akan hancur begitu saja jika terjadi kebakaran,” ujar Michael.

Meski demikian Michael memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran KLHK dan BRG karena distorsi tingkat kebakaran sangat jauh sekali, sebagaimana yang disebutkan dalam paparan KLHK yakni sebesar 69% pengurangannya. Angka yang sangat signifikan untuk sebuah tindakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan gambut. (ayu/sc–DPR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb