Pemkab Mura Upayakan 5 Pekerja PT PHML Dapat Pesangon Memadai

MUSIRAWAS – Pemerintah Kabupaten Musi Rawas mengupayakan 5 pekerja yang di PHK PT PHML mendapatkan pesangon memadai.

Hal ini ditegaskan melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans),  Burlian saat dikonfirmasi, Kamis, (29/03) terkait adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHL) oleh pihak PT PHML terhadap lima karyawannya karena terindikasi menggunakan narkoba.

” Meskipun PT PHML menolak untuk dilakukan mediasi, tapi kita akan tetap upayakan kelima karyawan itu mendapat pesangon yang layak, mengingat diantara lima karyawan yang di PHK itu ada yang sudah bekerja selama 16 tahun di perusahaan itu,” jelasnya.

Dikatakan Burlian, alasan PT PHML menolak mediasi dan tetap memberhentikan karyawannya itu karena ingin memberikan shock therapi kepada karyawan lainnya agar tidak coba-coba menggunakan narkoba,serta bentuk komitmen perusahaan dalam memberantas narkoba.

Semestinya jelas Burlian, kelima karyawan itu bisa dikatakan korban narkoba yang harus direhabilitasi.
” Kita tetap upayakan agar mereka mendapatkan hak hak nya sebagai karyawan, ” kata dia.

Sementara itu ketua serikat pekerja PT PHML Dodi Ismail mengatakan, dirinya berharap kepada pemerintah Kabupaten Musi Rawas menjadi fasilitator untuk menyelesaikan permasalahan ini dan tidak mengabaikan keluhan rakyat kecil.

” Jika kebenaran bagi ke lima karyawan itu masih ada, saya meminta tolong kepada pemerintah untuk memasilitasi penyelesaian masalah ini agar kelima karyawan itu mendapatkan hak haknya sebagaimana diatur dalam undang undang ketenagakerjaan,” katanya.

Sekedar informasi, bulan lalu PT PHML dengan mengundang pihak BNN Musi Rawas melakukan tes urine untuk seluruh karyawannya.

Hasilnya, kelima karyawan itu terindikasi menggunakan narkoba. Berdasarkan temuan itu, pihak PT PHML langsung memutuskan hubungan kerja dengan tidak memberikan hak hak karyawan yang sudah belasan tahun mengabdi di perusahaan tersebut.(MS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb