Masyarakat Muara Megang Tagih Janji Kebun Plasma Lonsum

MUSI RAWAS, Jurnalindependen.com – Masyarakat Muara Megang Kecamatan Megang Sakti mempertanyakan komitmen PT Lonsum janji kebun plasma seluas + 1.700 ha dari tahun 2007 hingga 2014.

Komitmen tersebut seharusnya diselesaikan dengan limit waktu 2 bulan sejak dari 22 oktober 2017 yang lalu. Karena pada tanggal tersebut masyarakat Muara Megang bersama Suku Anak Dalam (SAD)  Desa Tebing Tinggi turut menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IV DPR R dan juga dihadiri Kementerian LHK dan direksi PT Lonsum.

Hal ini disampaikan Koordinator Masyarakat Muara Megang, Sunardi kepada Jurnalindependen.com, Senin malam (25/12) bahwa berdasarkan kesepakatan dalam RDP tersebut, pihak PT Lonsum dalam limit waktu 2 bulan akan menyelesaikan permasalahan tersebut.

Sampai saat ini/melampaui batasan waktu yang telah disepakati, sedikit pun tidak ada itikad baik guna penyelesaian persoalan ini, maka kami masyarakat Muara Megang besok tgl 26 desember 2017 akan menyurati ketua DPR RI / KOMISI IV, guna meminta komitmen sesuai kesepakatan hasil rapat yg telah lalu,” ungkap Sunardi

Jika tidak ada penyelesaian, lanjut Sunardi maka Komisi IV akan mengadakan rapat dengan porsi yang lebih besar/lengkap lagi yaitu bersama-sama komisi III (Membidangi hukum), kementerian LHK, kementerian ATR/BPN, Kepolisian RI akan diagendakan apakah telah terjadi pelanggaran hukum dalam persoalan ini.

Sementara, pihak PT Lonsum belum bisa dikonfirmasi mengenai hal ini dikarenakan masih suasana libur. (fsl)

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb