Kades/Lurah Positif Narkoba akan ditindak sesuai Hukum berlaku

MUSI RAWAS, Jurnalindependen.com — Terhadap Kades/Lurah yang belum sempat mengikuti tes urine beberapa waktu lalu, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) bersama Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Mura akan mengadakan tes susulan.

Hal ini disampaikan Kepala BNK Mura melalui Sekretarisnya, Hendra Amoer kepada Jurnalindependen.com, sore tadi (Rabu – 31/03/2016) dikantornya. “Dalam tes urine dadakan Kades/Lurah pada 24 Maret 2016 lalu, ada beberapa diantaranya tidak ikut.

Kades/Lurah yang tidak ikut tersebut karena memang tidak datang. Selain itu, pada saat istirahat siang tidak kembali, namun sangat disayangkan ada diantaranya mengisi absen tetapi tidak mengikuti tes urine.

Mengenai jumlahnya, kita masih cross check data yang ada, antara absensi kehadiran dan yang di tes urine,” kata Hendra Amoer.

Berdasarkan rapat pada Senin kemarin dengan Bupati Musi Rawas, lanjut Hendra Amoer, Bupati menginginkan ada azas keadilan dalam tes urine. Maksudnya, terhadap Kades/Lurah yang belum tes urine mesti disusulkan, supaya seluruh Kades/Lurah dapat dibuktikan apakah terlibat dalam penyalah gunaan obat terlarang termasuk Narkotika atau tidak.

“Nah mengenai kapan dan dimana tes urine susulan, kita belum bisa memastikannya, yang jelas akan ada susulan tes urine terhadap Kades/Lurah yang belum mengikuti. Mekanismenya tentu kita akan mengadakan rapat terlebih dahulu dengan Pemkab Mura,” ungkapnya.

Mengenai sanksi bila Kades/Lurah terindikasi memakai Narkoba, Hendra Amoer menjawab, “Bila hasilnya positif, akan dikaji ulang mengenai sanksi sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Saat tes urine kemarin, kami juga telah mengambil sampel rambut, tes urine tersebut merupakan langkah awal dalam pemeriksaan. Jika positif maka akan dilakukan pemeriksaan tingkat lanjut, sehingga bisa dibuktikan bukan hanya penyalahgunaan Narkotika tapi obat-obat terlarang lainnya termasuk obat berdampak berat tanpa resep dokter,” tutup Hendra Amoer. (fs)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb