Tes Urine di BKPP Dinilai Lebih Transparan dan Akurat

MUSI RAWAS, Jurnalindependen.com — Tes urine CPNS K2 Kabupaten Musi Rawas hari ke-2 (hari ini-red) berjalan lancar. Dari 362 CPNS K2 diperiksa secara bergelombang selama 3 hari, mulai dari kemarin ada 120 orang, hari ini 116 orang dan besok 126 orang.

Plt. Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Musi Rawas, H Rudi Irawan menyampaikan kepada Jurnalindependen.com , bahwa tes urine yang dilakukan pihaknya untuk mengetahui apakah para pegawai positif pengguna narkoba atau tidak.

“Selama ini dilakukan oleh pegawai sendiri, mereka tes sendiri ke RS Dr Shobirin dan atas rekomendasi Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Musi Rawas (Mura) baru mengajukan ke BKPP.

Namun kali ini kita adakan tes disini (BKPP Mura-red) dengan mengundang pihak RS Dr Shobirin, BNK Mura dan Pol PP.

Dengan diperiksa disini diharapkan lebih transparan dan mudah di laksanakan karena kita siapkan tempatnya, diharapkan lebih akurat.

Tetapi bukan berarti selama ini kita tidak percaya dengan pihak RS Dr Shobirin, karena di sana tempatnya terbatas, dan berbaur dengan pasien lain,” jelas H Rudi Irawan.

Mengenai peran BKPP, Rudi menyampaikan hanya sebatas memfasilitasi pelaksanaan tes urine, mengenai biaya sama saja seperti selama ini di RS Dr Shobirin juga ada biayanya.

“Hasil tes ini kita tunggu dari RS Dr Shobirin setelah diuji di Laboratorium,” katanya.

 Sementara itu, Kabid Penempatan dan Pengangkatan Pegawai, Amin Subagja mengatakan bahwa dari 362 CPNS K2 yang tes urine terdiri dari 236 tenaga guru, 71 tenaga kesehatan dan 55 tenaga teknis.

Mengenai kelanjutan tes urine ini, apakah akan dilakukan juga ke PNS yang lain, Amin Subagja menjawab, “Bisa saja itu nanti dilaksanakan, tapi perlu waktu mengingat pegawai kita ribuan jumlahnya. Wacana yang bergulir akan ada tes urine pada kenaikan pangkat Pegawai.

Tapi sebelumnya PNS sudah menanda tangani fakta integritas untuk tidak menggunakan Narkoba bila terbukti maka akan dikenai sanksi sesuai tingkat kesalahan, yang fatal bisa dipecat dari PNS,” tutup Amin Subagja. (fs)

Berita Terkait :

362 CPNS K2 Mura di Tes Urine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb