Forum Pemred Menilai Konsolidasi Pemerintahan Jokowi-JK Buruk

JAKARTA — Forum Pemimpin Redaksi (Forum Pemred) menilai konsolidasi pemerintah dalam satu tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla masih buruk.

“Ada upaya menjauhkan antara RI 1 (Presiden) dan RI 2 (Wakil Presiden). Pada tingkat kebijakan seperti terlihat ada pertentangan antar-Presiden dan Wakil Presiden,” kata Ketua Forum Pemred Suryopratomo dalam konferensi pers satu tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Senin (19/10).

Menurut dia, kebijakan perombakan kabinet jilid pertama justru tidak menghasilkan sebuah tim yang solid.

“Bahkan pertentanagn di tingkat kabinet sendiri dan berlanjut sampai sekarang,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya kembali menyerukan agar kabinet dalam pemerintahan berkeja sama dan solid untuk mengatasi persolan perekonomian yang terus memburuk.

Ia mengatakan, untuk membangun negara dibutuhkan sebuah kinerja tim yang kompak yang bersama-sama dapat mewujudkan cita-cita. Untuk itu, ia berharap Presiden Jokowi juga berperan menjadi konduktor atau CEO yang dapat menyinergikan para anggota kabinetnya.

Sementara itu, Presiden dan Wakil Presiden, menurutnya juga harus menjadi dwi tunggal yang memimpin negeri ini dan jangan mudah terganggu oleh intrik-intrik.

“Yang membuat harmoni yang lebih baik, itu yang dibutuhkan masyarakat,” imbuhnya.

Untuk itu, ke depannya, bila terdapat perombakan kabinet jilid II, maka perlu diperhatikan untuk memperbaiki koordinasi kebijakan, soliditas sehingga bersama-sama dapat mewujudkan cita-cita pembangunan. (rol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: As Salamu \'alaikum Wr. Wb